Pasangan Assalam Teratas

23 10 2008
Assalam
Assalam

Hingga petang kemarin (21 Oktober 2008), perolehan suara berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan Desk Pilkada Kantor Walikota Subulussalam menunjukkan bahwa pasangan nomor urut 5 Asmauddin-Salmaza (Assalam) masih bertengger di posisi teratas. Pasangan yang dijagokan PPP, PKS, PBR, dan Partai Demokrat ini memperoleh 8.057 suara atau 27,28 persen.

Peringkat kedua ditempati pasangan nomor urut 1, Merah Sakti-Affan Alfian Bintang (Sabit) yang dicalonkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pasangan ini mampu meraup 6.784 suara atau 22,97 persen.

Posisi ketiga diraih pasangan bernomor urut 7, yakni Mahdani Bako-Tarmini Pinem. Pasangan yang diusung Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) ini merengkuh 4.468 suara atau 15,13 persen. Sedangkan pasangan Rahmi Syukur-Mus Muliadi Jabat berada di posisi keempat. Pasangan yang maju melalui jalur independen (perseorangan) ini meraih 4.079 atau 22,39 persen suara.

Sementara, calon yang diusung Partai Golkar, PAN, PDI-P dan PBB Muslim Aiyub-Usni Basyaruddin (Murni) masih bertahan pada ranking kelima, dengan perolehan 3.251 suara (13,81 persen).

Pada urutan keenam dan ketujuh juga masih ditempati pasangan Rusdi Hasan-Ismail (RI) dan pasangan Mahadi Bancin-Hasan Basri (Mahaba). Kedua pasangan yang maju melalui jalur independen itu masing-masing memperoleh 1.673 (5,66 persen) dan 1.226 suara (4,15 persen). Apabila hasil quick count ini bertahan atau sama dengan hasil penghitungan akhir Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, maka dipastikan pilkada perdana di Kota Subulussalam ini bakal berlangsung dalam dua putaran, karena tidak ada calon yang meraup 30 persen lebih suara sah.

Hingga tadi malam, suara sah yang berhasil direkap hampir mendekati 85 persen dari total suara pemilih. Untuk membaca seluruh berita selengkapnya silahkan buka SERAMBINEWS (Berita Harian terbesar di NAD)

——————————————-

Secara explisit, hasil ini memang belum dapat dipastikan adalah hasil yang sebenarnya. Namun, ini bisa dijadikan acuan mengenai perolehan suara sementara setiap calon. Hasil ini secara keseluruhan tidak mengejutkan penulis, dikarenakan dalam pandangan penulis pasangan ini memang cukup berpengaruh di Kota Subulussalam ini. Demikian juga hal nya dengan pencapaian pasangan Sabit (Sakti-Bintang), karna penulis melihat pasangan ini berpotensi untuk menang. Namun, penulis cukup terkejut dengan raihan suara yang diperoleh pasangan Murni (Muslim rebak Usni) yang hanya meraup 13,08% suara. Padahal, bahasan warga di setiap warung kopi atau kedai-kedai di Kota Subulussalam beranggapan pasangan ini bisa menjadi Underdog atau bahkan memenangi Pilkada ini. Tapi, itulah Politik. Kita tidak bisa menerangkan secara konkret dan hanya menerawang secara abstrak setiap kejadian yang berbau politis.

Well, penulis sangat mengharapkan agar pasangan calon yang kalah bersifat legowo terhadap kekalahannya dan menerima bahwa inilah pilihan yang terbaik menurut rakyat untuk saat ini. Meskipun ada riak yang terjadi pada hasil penghitungan cepat (quick qount) ini, mudah-mudahan tidak meluas dan boleh kita beranggapan itu bagian dari demokrasi. Bagaimanapun, sebelum genderang Pilkada dimulai setiap pasangan calon berkomitmen “siap menang siap kalah“. Komitmen lah yang diminta masyarakat secara keseluruhan, karna dengan adanya sifat ksatria, maka hal yang seperti demikian mencitrakan rasa membangun Kota Subulussalam untuk rakyat.

At least but not last, seperti yang diberitakan di atas Pilkada Kota Subulussalam ini berpeluang terjadinya putaran kedua disebabkan tidak adanya satu pasangan calon pun yang memenuhi kuota 30%. Untuk itu, penulis hanya bisa berdoa dan berharap mudah-mudahan Pilkada putaran kedua berlangsung secara sukses dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerusuhan yang mengarah ke anarkisme dan bersifat destruktif. So, bagi pasangan calon yang lolos ke putaran kedua nanti, selamat berjuang.

KEMBALI KEATAS


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: