Test CPNS Subulussalam : Permasalahan Calo dan Putra Daerah

30 11 2008

Ratusan pendaftar CPNS, Senin (24/11), memadati Kantor Walikota Subulussalam. Mereka menyerahkan berkas surat lamaran menyusul dibukanya penerimaan pegawai di wilayah itu. Di sisi lain, disinyalir calo PNS yang mengaku bisa meluluskan peserta mulai memburu para pencari kerja.

Pantauan Serambi, kemarin, aktivitas di kantor walikota fokus menangani para pendaftar CPNS. Panitia membagi tempat pendaftaran disesuaikan formasi lowongan yang tersedia. Para pelamar bukan hanya berasal dari Subulussalam atau Aceh Singkil, tetapi dari Aceh Selatan, Abdya, Aceh Tenggara dan Gayo Lues, melamar. Malah sejumlah warga Sumatera Utara seperti, Dairi, Pakpak Bharat dan Tanah Karo adu nasib dan mengisi jatah 401 CPNS di Pemko Subulussalam. Sejumlah kalangan berharap, pelaksanaan tes CPNSD di daerah ini bisa berjalan secara baik tanpa unsur permainan.

Utamakan Putra Daerah

Proses rekruitmen CPNS saat ini mulai dikhawatirkan akan dimanfaatkan calo yang menyatakan sanggup meloloskan pelamar dengan syarat memberikan uang.

Seorang warga Subulussalam, Safran, mengatakan adiknya nyaris tertipu seorang calo yang mengiming-imingi dapat meluluskan menjadi PNS. Calo meyakinkan calon korban dan mengaku dekat dengan pejabat di Pemko Subulussalam. Demi kepentingan ini pelaku menyatakan siap memberikan nomor rekening khusus. Tapi, adiknya beruntung bisa menggagalkan upaya percaloan tersebut.

Perekrutan CPNS tanpa unsur KKN disuarakan anggota DPRA, H Muslim Ayub. Anggota dewan asal Subulussalam ini menilai, penerimaan CPNS rawan manipulasi, korupsi, pungli dan nepotisme. Malah, rumor yang berkembang bagi yang ingin lulus diminta uang yang berkisar antara Rp 60-100 juta perorang. Sinyalemen ini harus menjadi perhatian gubernur dan bila perlu pemeriksaan jawaban ujian dilakukan secara silang antar kabupaten dan kota. Begitupun kalau ada penyelenggara yang kedapatan menerima imbalan, maka oknum bersangkutan supaya diberhentikan secara tidak hormat.

Muslim Ayub menyarankan, dalam penerimaan CPNS, utamakan putra deaerah setempat. Alasannya selama ini CPNS luar daerah yang lulus baru dua tahun bertugas minta pindah ke lokasi lain. Upaya ini dilakukan melalui tangan koneksi dan kalau ini terus terjadi maka kapanpun kesinambungan PNS tidak pernah tercapai.

Kutipan : http://www.serambinews.com


Actions

Information

12 responses

20 01 2009
candra

CPNS…!!!!
dari dulu itu2 aZ masalah,…
Mustahil bebas dari nepotisme.
I N D O N E S I A, githu lho !!!!!

30 10 2009
valen

CPNS..?????
wahhhh….dijaman sekarang ini sangat sulit memberantas nepotisme itu
Apa lagi di Kota kita ini Subulussalam…

6 11 2009
agussalim(app.engineer)

SABAR YA..SERAHKAN MA ALLAH SWT JA

6 11 2009
agussalim(app.engineer)

PENGEN BANGET AKU MENGABDI DI NEGERI SUBULUSSALAM MENYATU UNTUK MEMBANGUN NEGERI KITA SUBULUSSALAM YANG TERCINTA…..TETAP SEMANGAT YA IKUT CPNS NYA,JANGAN MENYERAH GITU ATAU BERPUTUS ASA..

20 11 2009
Tah ise

Tahun 2006 ada eks aktivis mahasiswa di Medan, lulus CPNS dari jalur Honorer tanpa pernah honor, dia memanfaatkan ke-aktifis-annya, untuk merapat ke Penguasa………
Tahun 2009 ini banyak juga aktifis tu yang mengkoar-koarkan “Putra Daerah”, nanti udah dekat ama penguasa diam, terus ada Penerimaan CPNS berikut nya LULUS de, padahal otaknya pas-pasan
Nauzubillah…………………………..

4 12 2009
dedi robiardi s

Ah yang benar

8 12 2009
si anak kampung

doakan ja lah.
moga lebih baik

14 12 2009
awal

skrg org yg besih udh tdk ada lg
bahkan org yg di percayakan amanat dari rakyat INdonesia

KKN itu yg lbh utama di mata para pejabat/pemerintah
krn mereka memiliki kekuasaan yg bisa untuk melalukan apa yg diinginkannya

kami juga KKN
tp dikalangan keluarga
he..he..he..
tp gak sebejat yg dilakukan oknom yg tdk brtanggung jwb

29 12 2009
yaya

jangan ada dusta di antara kita coi yang benar aja ALLAH kan maha tau semuanya,, siapa yang benar siapa yang salah

30 12 2009
RADJA

MUNAFIKKKKKKK……???????????????????????????????

13 01 2010
Marwan Longkib

KALO ADA PEJABAT YANG KETAUAN MENJADI BROKER, PAK WALI HARUS BERANI MEMBERIKAN SANKSI YANG KERAS; PECAT DARI JABATAN, DAN SERAHKAN KEPADA PIHAK BERWAJIB. DAN BUAT PESERTA YANG MELAKUKAN SOGOK, GANYANG AJAAA…….

29 01 2010
Siti Aisyah

Kita Positif Thinking Aja… Semoga ALLAH memberikan yang terbaik buat kita semua… saya ikhlas menerima apapun hasilnya mdh2 hasil pengumuman CPNS Tahun ini menjadi yang terbaik dalam hidup keluarga saya…. Amin Ya ALLAH ya Rabbal Alamin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: