Pilkada Kota Subulussalam : Sabit Unggul Tipis

25 12 2008

Diwarnai unjuk rasa ratusan massa pendukung Asmaudin/Salmaza (As salam), Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam, Kamis (18/12), menggelar pleno rekapitulasi dan penetapan perolehan suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Subulussalam putaran II. Pasangan Merah Sakti/M.Affan Alfian Bintang (Sabit) sebagai pemenang, unggul tipis 193 suara dari pasangan As salam.
Hasil rekapitulasi pilkada putaran II itu pasangan nomor urut 1 Merah Sakti/Affan Alfian Bintang memperoleh suara 14.922, sedangkan pasangan Asmaudin/Salmaza 14.729 suara. Total suara sebanyak 30.285, jumlah suara tidak sah sebanyak 634 dari jumlah pemilih 37.555 orang.

Sementara itu pasangan Assalam, tidak menerima keputusan dari KIP Subulussalam. Menurut Asmauddin calon Walikota yang didampingi Salmaza, pihaknya akan melaporkan Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa pasangan Sabit telah melakukan beberapa kecurangan kecurangan dalam pilkada Subulussalam lalu. Selain itu, saksi Assalam yang hadir pada pleno itu juga menolak menandatangani berita acara rekapitulasi perhitungan suara tersebut.

Kapolres Aceh Singkil
“Jangan ada provokasi terhadap masyarakat”

Kapolres Aceh Singkil AKBP Arief Pujianto, mengajak calon walikota/wakil walikota yang kalah dalam Pilkada Subulussalam lalu legowo (lapang dana) menerima kekalahan dan jangan merekayasa maupun memprovokasi masyarakat. Ia mengatakan, pihaknya telah menyita selebaran gelap yang beredar di tengah-tengah masyarakat yang bernada memprovokasi.
Selain selebaran, pelaku yang menebar juga telah diperiksa oleh kepolisian seraya menandatangani surat perjanjian supaya tidak mengulangi perbuatannya. “Kita sudah amankan oknum yang menebar selebaran gelap,” ujar Arief seraya menambahkan telah memerintahkan seluruh kapolsek untuk menangkap yang memprovokasi warga.

———————-

Dari berita di atas penulis mengharapkan agar Pilkada Subulussalam ini tidak meruncing seperti yang terjadi di Pilkada Provinsi Sulawesi Selatan dan Pilkada Provinsi Gorontalo yang masih menuai konflik diakibatkan pihak yang kalah masih belum mengakui kekalahannya dan beranggapan kemenangan lawan politiknya berbau kecurangan.

Keberatan hasil Pilkada Subulussalam yang dituangkan pasangan Assalam beserta pendukungnya adalah sah-sah saja apabila masih dalam konteks yang benar dan mengikuti prosedur yang ada. Untuk itu, kedepannya semua masyarakat Kota Subulussalam senantiasa akan menunggu putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai hasil Pilkada ini. keputusan MK adalah keputusan terbaik yang harus diterima semua elemen masyarakat dengan hukum yang mengikat.

Kutipan :

http://www.analisadaily.com
http://www.serambinews.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: