Subulussalam Perlu Dinas Sosial

8 01 2009

SUBULUSSALAM-Tingginya problem sosial di Kota Subuussalam harus ditangani secara khusus serta terpadu dengan program pusat melalui Depsos. Bagian sosial yang kini masih bergabung dengan Dinas Kesehatan harus ditingkatkan menjadi dinas.

Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial, Zulkarnen SKM MKes kepada Serambi, Rabu (7/1), pembentukan dinas sosial keperluan mendesak melihat meningkatnya masalah sosial seperti kemiskinan, pengemis dan konflik sosial lainnya. Subulussalam merupakan daerah rawan bencana banjir dan longsor sehingga adanya dinas sosial sangat diharapkan. “Disamping itu, dengan dinas tersendiri memudahkan menarik dana dari pusat plus program lainnya,” terang Zulkarnen.

Ia menyarankan pemerintah Subulussalam bersama legislatif membentuk dinas baru yang menangangi sosial. Jika statusnya masih Subdin yang berada di bawah dinas kesehatan maka dianggap kurang bisa memainkan program apalagi keterbatasan wewenang dan sebagainya. “Di pusat depertemennya sudah ada,” timpal Plitin Hasugian, Kasubdin Sosial. Plitin menambahkan, menyangkut pentingnya keberadaan dinas sosial juga pernah disampaikan Menteri Sosial, Bachtiar Chamsyah melalui suratnya bernomor C/C.09/SJ/VI-06/MS. Surat tertanggal 5 Juni 2006 lalu itu, ditujukan kepada para gubernur dan bupati se-Indonesia yang intinya agar membentuk dinas sosial tersendiri guna menangani kesejahteraan sosial di daerah secara terkoordinasi.

Departemen Sosial bahkan mengingatkan tidak akan menyalurkan bantuan apabila belum ada dinas yang menangani masalah sosial. “Sebab, lembaga setingkat kasubdin tidak punya otoritas penuh, jadi bisa dibayangkan solusi apa yang bisa kita ambil menangangi masalah sosial yang cukup kompleks,” ujar Plitin.

Sumber : http://www.serambinews.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: