Sektor Perkebunan Prioritas Pemko Subulussalam

18 01 2009

Pemko Subulusalam, tahun 2009 mengusulkan dana sebesar Rp 30 milyar untuk sektor perkebunan dan Rp 25 milyar untuk bidang pertanian. Hal ini untuk mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat yang mayoritas berkebun dan petani

Penjabat Walikota Subulussalam, Marthin Desky, Kamis (15/1), mengatakan, sesuai kesepakatan pihak eksekutif dan legislatif terkait KUA/PPAS Kota Subulussalam 2009 pemerintah setempat memprioritaskan pembangunan yang dinilai sangat menyentuh kepentingan dan hajat hidup orang banyak. “Selama tiga tahun berturut-turut anggaran difokuskan untuk sektor pertanian dan perkebunan,” ujar Martin.

Terobosan lain, pembangunan rumah sakit umum (RSU) tipe C di Kota Subulussalam, tak kalah pentingnya mengingat selama ini masyarakat di sana harus berobat ke luar daerah seperti Sidikalang dan Kabanjahe. Pasalnya, RSU Aceh Singkil di Kecamatan Gunung Meriah, Rimo nyaris tak dapat diandalkan untuk menangani pasien gawat darurat.

Program lain, peningkatan kualitas pendidikan sangat penting dilaksanakan. Hal ini diwujudkan melalui pembangunan SMU Unggul yang polanya seperti pesantren modern. Seleksi calon siswa sangat ketat dan diharapkan bisa terealisasi sebanyak tiga ruang kelas belajar (RKB). Masing-masing RKB berkekuatan 30 siswa. Target ke depan, para alumnus SMU Unggul Subulussalam harus dapat menguasai tiga bahasa sehingga melanjutkan ke Perguruan Tinggi dapat lebih mudah di samping kepemilikan keterampilan seperti komputer, perbengkelan dan pertukangan.

Di samping itu, pembangunan terminal terpadu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) ditambah prasarana penunjang kebersihan kota serta pengadaan kenderaan pemadam kebakaran, menjadi fokus Pemko.

Disi lain Marthin mengatakan mendukung program Gubernur NAD untuk memberdayakan pemerintah gampong, alokasi dana kampong (ADK) yang dianggarkan provinsi sebesar Rp 100 juta tahun ini, pihaknya juga menambah dengan jumlah yang sama sehingga ADK di Pemko Subulussalam mencapai sebesar Rp 200 juta.

Sumber : http://www.serambinews.com


Actions

Information

One response

18 02 2009
AMUBA

SELAKU MHASISWA DAN ANAK ASLI KOTA SUBULUSSALAM… SANGAT SETUJU DENGAN PROGRAM PEMERINTAH KOTA SUBULUSSALAM, MELIHAT POTENSI DAERAH KITA MEMANG PERTANIAN TIDAK DPAT DIPISAHKAN.. TAPI TIDAK DAPAT DINAFIKAN PULA BAHWA SANYA PENDIDIKAN JUGA HAL YANG PALING PENTING DIATAS PROGRAM2 PEMERINTAH YANG LAIN… DIMANA SUMBER DAYA MANUSIA LEBIH UTAMA DARI SUMBER DAYA ALAM..KARENA
DENGAN PENDIDIKAN YANG KUAT.. SUMBER DAYA ALAM SECARA BERSAMAAN AKAN DAPAT DIGARAP DENGAN BAIK.. KITA SUDAH TAU PENDIDIKAN HAL UTAMA, PENDIIDIKAN NOMOR SATU, SEHINGGA KITA TIDAK DIBODOHI, DITINDAS, DAN DIJAJAH OLEH ORANG LAIN.. BAHKAN SEKARANG DIJAJAH OLEH ORANG KITA SENDIRI.. SUBULUSSALAM MEMANG KAYA SDA, TAPI KARNA PENDIDIKAN YANG RENDAH SEHINGGA SDA TERSEBUT DIJUAL KEPADA ORANG LAIN.. ORANG SUBULUSSALAM HANYA JADI PENONTON DAN TIDAK BERDAULAT DITANAHNYA SENDIRI!!!! NEGARA BESAR DIDUNIA INI TIDAK MENJADI BESAR KARENA SDA YANG BANYAK SEPERTI SUBULUSSALAM, TETAPI MEREKA MEMILIKI SDM YANG TINGGI DAN MEMADAI.. SEHINGGA MEREKA SECARA TIDAK LANGSUNG DAPAT MENGKONTROL BAHKAN MENGUASAI NEGARA-NEGARA YANG MEMILIKI SDA YANG BANYAK, YA SEPERTI KITA CONTOH NYA!!!!!!!!, PADA INTINYA MAJU NYA SUATU DAERAH TERLETAK PADA SDM ORANG2 DIDAERAH TERSEBTU…
MAU MAJU ??????
MAJU KAN DULU PENDIDIKAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!
BY: ANEUK MAHASISWA BANDA ACEH (AMUBA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: