Atribut Parpol Ganggu Pengguna Jalan

23 01 2009

Banyaknya atribut, terutama bendera partai politik (parpol) yang dipasang di pembatas jalan (median) mulai menimbulkan keluhan warga. Selain merusak keindahan kota, keberadaan bendera yangterkadang tidak dipasang beraturan itu, juga membahayakan pengguna jalan atau pengendara motor.

Kondisi ini membuat Lembaga Analisa dan Advokasi Kebijakan Publik (Landscap) Kota Subulussalam, melayangkan surat kepada pemerintah setempat agar menertibkan pemasangan atribut partai di median jalan

Ketua Landscap, Emir Hamdi SH kepada Serambi Kamis (22/1) mengatakan, pemasangan alat peraga kampanye di tengah-tengah pemisah jalan dapat menghalangi penglihatan pengguna jalan dan merusak estetika dan kebersihan kota ini. “Atribut parpol itu mengganggu pemandangan, bisa terjadi kecelakaan ketika tiangnya roboh ke badan jalan,” kata Emir.

Karena itu, Emir meminta pemerintah setempat segera menertibkan hal itu. Ditegaskan Emir, pemasangan alat peraga di median jalan protokol, terlebih saat ini sedang dalam tarap pengerjaan melanggar UU No. 10 tahun 2008 dan peraturan KPU No. 19 tahun 2008 tentang larangan pemasangan alat peraga kampanye di jalan protokol, gedung milik pemerintah, gedung sekolah, rumah ibadah dan fasilitas umum.

Ditambahkan, pemasangan serupa di tempat warga juga harus mendapat izin pemilik, sementara fasilitas umum yang bisa dijadikan lokasi pemasangan alat peraga kampanye juga harus ditentukan titik lokasinya oleh pemerintah kota. Emir sendiri memahami dengan suasana menjelang pemilu 2009 yang terjadi. Hanya saja, katanya, seharusnya diperhatikan kontestan politik supaya tidak berbuat sembarangan. “Jadi, pemasangan alat peraga kampanye itu harus tertib dan kewajiban pimpinan daerah dan jajarannya untuk menertibkan,” terang Emir.

Sumber : http://www.serambinews.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: