Gubernur Diminta Bangun Jalan ke Situs Sejarah Islam Dunia

29 01 2009

Warga Desa Oboh, Kec. Runding, Kota Subulussalam maupun para peziarah berharap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf agar menyisihkan dana otonomi khusus (Otsus) untuk membangun jalan mulus ke Makam Syech Hamzah Fansury situs sejarah Islam dunia di desa itu.

Demikian harapan Sukur Bancin, ketua Badan Permusyawaratan Gampung (BPG) Desa Oboh didampingi beberapa warga dan sejumlah pejiarah kepada Waspada baru-baru ini di komplek Makam keluarga Syech Hamzah Fansury. “Makam Syech Hamzah Fansury dan keluarga merupakan situs sejarah Islam dunia, khususnya perkembangan Islam Asia Tenggara,” kata Sukur tadi siang.

Sukur bersama rekanya membenarkan Desa Oboh salah satu desa terisolir di Subulussalam, karena hanya bisa ditempuh dengan jalur sungai. Meski jaraknya hanya 5 Km dari Pasar Runding, ibukota Kecamatan Runding, namun jalan darat yang pernah dibuka hingga saat ini tidak bisa dimanfaatkan. “Bila gubernur dapat menyahuti harapan kami, tentu besar manfaatnya, bukan hanya bagi warga sekitar melainkan makam ini sebagai situs sejarah akan mudah dikunjungi peziarah baik lokal, domestik maupun dunia,” tambah mereka. Pokoknya, bila sarana transportasi darat telah bagus hasil pertanian penduduk lebih mudah dipasarkan karena jalan mulus yang diangan-angankan mereka, dapat memperpendek jarak dan waktu tempuh dari dan ke Desa Oboh yang lebih dikenal dengan makam keramat Oboh.

Kasmer Berutu, 65 warga Desa Jontor, Kec. Penanggalan yang kebetulan melaksanakan niatnya berziarah ke Makam Syech Hamzah Fansury mendukung permohonan warga kepada Gubernur Irwandi agar membangun jalan mulus menuju makam ulama besar Aceh tersebut. “Kalau jalan sudah mulus ke sini para peziarah tentunya bertambah ramai berkunjung ke Makam Ulama besar Aceh ini,” sebut Kasmer.

Sementara Pemko Subulussalam terkesan lupa dengan kebesaran situs sejarah itu. Pasalnya, sejumlah pamflet terlihat masih tertulis Kab. Aceh Singkil, padahal desa itu bagian Kec. Runding dalam wilayah Kota Subulussalam.

Sumber : http://www.waspada.co.id


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: