Pilih Bekham atau Dhanie di Pemilu?

13 02 2009

baligo

Jakarta – Siapakah pilihan Anda pada Pemilu Legislatif 2009? Bisa jadi, Anda memilih David Beckham, Barack Obama, atau Dhani ‘Dewa’. Bagaimana bisa? Lewat ketiganya, Anda bisa mengantarkan seorang calon legislatif jadi legislator.

Pemilu 2009 memang memaksa para caleg memutar otak lebih keras. Penetapan caleg terpilih dengan suara terbanyak menjadikan kursi parlemen seperti pasar bebas. Maka, ide memasukkan gambar tokoh publik pun dilakukan. Itulah sebabnya, kini Beckham, Obama, atau Dhani, ikut jadi ‘caleg’.

Di tengah hiruk pikuk poster dan baliho para caleg yang menyesakkan sudut jalanan serta figur yang turun dari langit, terdapat juga ragam jenis poster dan baliho yang justru memiliki nilai hiburan bagi publik.

Sejumlah publik figur pun ‘mendampingi’ si caleg dalam posternya. Caleg DPRD Kota Yogyakarta dari PDI Perjuangan, Arya Rizki Yudhatama, misalnya, menggandeng Beckham, pemain sepak bola kelas dunia dalam balihonya. “Nomor tujuh adalah nomor keberuntungan saya,” kata Arya menyitir kutipan Beckham. Nomor tujuh adalah nomor urut caleg tersebut.

Ketenaran Beckham di AC Milan dalam jagat sepakbola dunia juga menggelitik caleg dari Partai Golkar yang memiliki nomor urut 23 dalam Pemilu 2009. Gambar Beckham pun ditampilkan lengkap dengan kaos bernomor punggung 23. Sebuah kreativitas yang bisa saja jadi masalah di masa depan mengingat Beckham memiliki right yang mahal.

Lain lagi dengan Fahmi Aulia Rachman yang berpose menirukan gaya khas musisi kondang pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani. Dengan jenggot yang khas serta bibir sedikit dimajukan, Fahmi Aulia tampak sekilas mirip gaya Dhani. Ia maju menjadi caleg DPRD Kota Bekasi dari PDP.

Lain lagi dengan Prya Ramadhani, ayah pesinetron Nia Ramadhani, yang naik dari Partai Golkar untuk caleg DPRD DKI Jakarta. Dengan judul poster yang menonjol: Awas Hati-Hati Lintasan Kereta Api, keduanya berpose menaiki pedati dengan tubuh kartun. Di bagian pojok, ada pernyataan Nia yang menyebutkan permohonan dukungan untuk ayahandanya.

Pengamat marketing politik, Firmanzah menilai, upaya kreativitas poster caleg dengan menampilkan tokoh populer serta permainan kata-kata menunjukkan revolusi para caleg di Pemilu 2009. “Ini revolusi caleg kita. Patut mendapat apresiasi. Diam-diam publik dan caleg memang jengah dengan banyak poster yang itu-itu saja,” paparnya kepada INILAH.COM, Kamis (12/2) di Jakarta. Menurut dia, langkah ini tidak ditemui sepanjang sejarah pemilu di Indonesia sebelumnya.

Firmanzah menilai, meski cukup kreatif, poster dan baliho tersebut memiliki ragam persoalan. Mulai dari legalitas pemasangan foto orang atau tokoh tertentu hingga efektivitasnya sebagai media promosi. “Posternya masih memperkenalkan saja, belum masuk pada yang lebih jauh lagi,” katanya. Kendati demikian, Firmanzah yakin ke depannya dalam setiap Pemilu selalu ada kemajuan dalam melakukan komunikasi politik.

Sementara konsultan komunikasi politik Ipang Wahid menilai apa yang dilakukan caleg dengan poster unik dengan menampilkan foto tokoh populer seperti Beckham adalah upaya diferensiasi di tengah berjejalnya ribuan caleg dari tingkat II hingga pusat. “Itu upaya diferensiasi saja, untuk awareness,” jelasnya. Ipang menilai menampilkan foto tokoh tertentu seperti Beckham bisa menyasar kalangan pemilih pemula yang memang cenderung emosional dan tidak rasional.

Senada dengan Firmanzah, Ipang menilai poster tersebut berhenti hanya di awareness, namun tidak masuk pada ranah knowledge. Padahal, sambung Ipang, langkah awareness dan knowledge dapat dilakukan secara bersamaan. “Misalnya si A untuk ekonomi kerakyatan, karena si caleg ahli ekonomi kerakyatan. Jadi nama dan visinya masuk sekaligus,” jelasnya.

Poster kreatif para caleg di satu sisi patut mendapat apresiasi sekaligus juga menjadi ajang hiburan bagi para calon pemilih. Meski demikian, di tengah revolusi poster tersebut, ada sesuatu yang hilang bagi publik, yaitu pendidikan politik bagi pemilih yang cenderung diabaikan.

Sumber : http://www.inilah.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: