Muslim Wajib Ikut Pemilu

14 02 2009

Banda AcehKetua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Prof. Dr. Tgk. Muslim Ibrahim mengatakan, pihaknya tidak membuat fatwa khusus tentang Pemilu di Aceh. MPU dalam taushiyahnya hanya menegaskan wajib bagi muslim Aceh untuk ikut Pemilu.

Menurut Muslim, mengikuti Pemilu itu adalah hak, baik dilihat dari tata negara maupun agama. Karena itu pihaknya mewajibkan umat menyalurkan aspirasi. “Kita tidak terbayang-bayang dengan fatwa MUI Pusat. Kita sendiri sudah menetapkan sejak Desember, tapi tidak dipublikasi,” katanya menjawab wartawan, tadi malam di Banda Aceh.

“Kita mewajibkan kaum muslim untuk memilih wakil-wakilnya yang peduli dengan penerapan syariat Islam, jujur, adil, amanah, cerdas dan komunikatif serta memperjuangkan kepentingan umat,” ujar Tgk. Muslim.

Kata dia, MPU juga menyerukan kepada penyelenggara dan pengawas pemilu serta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pesta demokrasi itu, untuk bertindak jujur, adil dan amanah serta menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kepada pihak terkait, juga bisa bersikap jujur dan adil serta tidak melakukan tindakan yang menyalahi aturan seperti politik uang, intimidasi dan hal lainnya,” ungkap alumnus Timur Tengah kelahiran 18 Oktober 1949 ini.

Dia mengajak semua warga Aceh tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan memelihara ukhuwah demi terpeliharanya perdamaian abadi. “Kami tidak mengikuti fatwa itu, karena masing-masing daerah punya karakter masing-masing,” katanya.

Sementara Sekretaris Jenderal Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Tgk. H. Faisal Ali, di tempat terpisah menilai fatwa golput itu tepat. “Menjadi kewajiban kita memilih pemimpin atau wakil-wakil rakyat yang pro syariat Islam,” katanya.

Menurut Faisal Ali, golput itu tepat karena jika semua orang Islam golput, lantas ada umat lain tidak golput, maka akan memilih pemimpin atau legislatif yang tidak peduli dengan syariat Islam. “Makanya fatwa itu sesuai dengan Aceh yang islami.”

Sumber : http://www.nad.go.id


Actions

Information

One response

28 03 2009
dir88gun

assalamu alaikum wr. wb.

Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/17/demokrasi-bukan-jalan-perubahan-hakiki/

Sudah saatnya kita ganti sistem,
untuk masa depan umat yang lebih baik!
semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukanā€¦

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: