Jika Bermasalah, Pekerja Diminta Melapor ke Disnakertrans

22 02 2009

Para karyawan/buruh yang menghadapi masalah di perusahaan diminta melapor ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Pasalnya, salah satu tugas dan fungsi dinas ini adalah sebagai mediator antara karyawan dengan perusahaan sehingga kenyamanan karyawan bekerja serta tanggungjawab perusahaan terhadap karyawan dapat terbina baik.

Kadis Nakertrans Kota Subulussalam, Drs. Zufri Abdurrahman kepada wartawan, tadi siang mengatakan itu terkait masih dominannya ketakutan karyawan melapor jika menghadapi masalah di perusahaan tempat bekerja.

“Hampir tidak ada karyawan berani menyampaikan keluhan jika menghadapi masalah atau konflik di perusahaan tempat bekerja, padahal jika hal ini dilakukan tingkat kesewenang-wenangan pimpinan terhadap karyawan bisa diantisipasi,” tegas Zufri menyayangkan indikasi sejumlah perusahaan yang tidak melaporkan jumlah karyawannya ke Disnakertrans.

Terkait realisasi Peraturan Gubernur NAD No. 67/2007, 19 November 2007 tentang penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) di daerah ini, Zufri mengaku nyaris belum dilaksanakan, kendati pihaknya sudah menyurati para pemimpin perusahaan melalui suratnya No. 560/64/2008 tanggal 19 Juni 2008.

Dikatakan, Peraturan Gubernur NAD yang didasari UU No. 3 tahun 1992 pasal 2 ayat 3 tentang jaminan sosial tenaga kerja disebutkan, perusahaan/pengusaha yang mempekerjakan tenaga kerja 10 orang atau membayar upah Rp1 juta/bulan wajib mengarahkan karyawan mengikuti program jaminan sosial tenaga kerja meliputi jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian (JK) dan jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK).

Menjawab jumlah pencari tenaga kerja (Pencaker) di Kota Subulussalam 2009, terkait persyaratan bagi calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) yang pekan lalu diumumkan hingga kemarin, Zufri menyebutkan 178 orang.

Sumber : (Waspada Online)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: