DPRK Subulussalam Dukung Keputusan Gubernur

26 02 2009

DPRK Subulussalam mendukung keputusan Gubernur NAD meninjau kembali keberadaan calon hak guna usaha (HGU) PT. Runding Nusantara (RN) karena mengabaikan peraturan yang berlaku.

Demikian disebutkan Lau Erguna Purba anggota DPRK Subulusalam kepada Waspada, tadi siang di Subulussalam, terkait dukungannya terhadap surat Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) bernomor 337/3676, tanggal 20 Januari 2009 lalu, tentang peninjauan kembali calon HGU PT RN.

Lebih lanjut Erguna menyarankan agar pemerintah juga memikirkan nasib rakyat, katanya, kalau pemerintah serius membantu rakyat dengan pola perkebunan inti atau program sejenis lainnya, maka jumlah rakyat miskin di daerah itu berangsur terbantu.

“Jangan semua lahan diserahkan kepada perusahaan-perusahaan besar, sehingga rakyat akan susah mendapat lahan yang dapat menjadi sumber pendapatan mereka,” tambahnya.

Informasi lain yang diperoleh Waspada, maraknya pemberian lahan kepada perusahaan calon pemilik HGU yang banyak bersengketa dengan masyarakat sekitar lokasi calon HGU tidak terlepas dari kepentingan oknum sejumlah pejabat yang mendapat keuntungan pribadi.

Sumber lain juga menyebutkan, sejumlah prosedur yang seharusnya dilewati untuk mengurus surat izin sesuai tahapan dalam mengurus izin calon HGU terkadang terabaikan dengan jaminan oknum pejabat yang mendapat keuntungan tadi.

Terkait sengketa lahan antara PT RN dan masyarakat kecamatan Longkip, kota Subulussalam, tercatat 23 warga menjalani proses hukum karena perbuatan mereka diduga melaukan tindakan anarkis dengan membakar kamp perusahaan itu sekira Lima bulan lalu.

Gubernur NAD Irwandi Yusuf mengancam akan mencabut izin beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beropersi di Aceh, langkah itu dilakukan karena ditemukan banyak dalam pelaksanaannya.

“Kalau banyak sekali yang tidak beres, izinnya akan saya cabut,” kata Irwandi di Banda Aceh saat itu dia didampingi Kadis Kehutanan dan Perkebunan NAD Ir.. H Hanafiah Affan, MM.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh keterangan dari pihak PT RN tentang surat Gubernur NAD dan Surat Pj. Walikota Subulussalam nomor 337/109/2009, tanggal 12 Februari 2009, tentang penghentian sementara kegiatan PT RN.

Sumber : (Waspada Online)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: