Kesadaran Miliki NPWP Masih Rendah

26 02 2009

Kesadaran masyarakat untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dinilai masih rendah. Buktinya, meski sudah digelar program Sunset Policy untuk menjaring NPWP baru, hasilnya belum memuaskan. Hingga 25 Februari 2009, tercatat baru terelisasi delapan Wajib Pajak (WP). “Padahal program Sunset Pulicy tinggal beberapa hari lagi,” kata Supriono Kepala KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Subulussalam, Rabu (25/2). Dia menambahkan, yang jelas angka tersebut minimal menjadi gambaran bahwa masyarakat belum mengerti benar fungsi pajak.

Iuran masyarakat kepada negara yang diperuntukkan untuk pemenuhan fasilitas-fasilitas umum. Pihak KPP Subulussalam yang membawahi tiga wilayah yaitu Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Singkil dan Aceh Tenggara terus mencari kiat menggugah kesadaran tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak adalah melakukan sosialisasi sunset police atau penghapusan sanksi.

Selain itu, KPP Subulussalam terus menurunkan petugas perpajakan di tengah masyarakat, seperti di pertokoan yang dinilai paling efektif untuk menjaring wajib pajak. Supriono berharap melalui kegiatan sosialisasi ini kesadaran wajib pajak akan semakin bertambah, sehingga pendapatan negara pun bertambah. “Kami terus berupaya memacu pertumbuhan kepemilikan NPWP ini,” lanjutnya.

Supriono menjelaskan, kebijakan sunset policy merupakan penghapusan sanksi administratif bagi wajib pajak penghasilan bagi perorangan atau badan yang masa perpanjangannya akan berakhir 28 Gebruari 2009. sunset policy ditujukan bagi bagi masyarakat wajib pajak untuk memperbaiki surat pemberitahuan pajak (SPT) dengan benar. Setelah itu, maka akan diterapkan sanksi bagi wajib pajak yang mangkir dari membayar pajak. Mengingat batas sunset policy tinggal dua hari lagi, Supriono menghimbau masyarakat Subulussalam, Aceh Singkil dan Kutacane untuk segera mengurus NPWP.

Sumber : (Serambi Online)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: