Harapan Masyarakat Pada Walikota: Prioritaskan Kesejahteraan

4 03 2009

Pasangan Merah Sakti-Affan Alfian Bintang akan menjadi Walikota/Wakil Walikota pertama di Subulussalam setelah memenangkan pilkada pada 15 Nopember tahun lalu. Kedua pasangan ini pun rencananya, Kamis 5 Maret 2009 akan dilantik oleh Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam, Drh Irwandi Yusuf di gedung DPRK Subulussalam.

Menyusul rencana pelantikan tersebut, masyarakat menaruhkan sejumlah harapan ada Walikota dan Wakil Walikota perioede 2009-2014 segera merealisasikan janji-janjinya yang disampaikan pada saat kampanye melalui visi-misinya.

Harus diakui jabatan yang disandang oleh walikota terpilih bukanlah singgasana tetapi jabatan tersebut merupakan suatu tugas yang bisa mendekatkan mereka dengan rakyat sebagai pemegang kedaulatan. Walikota dan Wakilnya diharapkan mampu memprioritaskan program-program untuk direalisasikan sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

Kala genderang Pilkada ditabuh masyarakat telah terkotak-kotak akibat dinamika politik yang terjadi. Karenanya, dengan komunikasi yang baik akan menjadi solusi untuk menyatukan masyarakat di Sada Kata ini. Subulussalam yang baru dimekarkan awal tahun 2007 yang lalu, memang diakui masih jauh tertinggal dibanding daerah lain. Namun, selama konsep dalam membangun Subulussalam mengedepankan kepentingan rakyat di atas segala-galanya, tentunya rakyat akan ikut merencanakan pembangunan Subulussalam ke depan.

Zulyadin, ketua LSM Front Pembela Masyarakat (F-Pema) mengatakan dilantiknya Merah Sakti-Affan Alfian menjadi Walikota Subulussalam diharapkan membawa angin segar untuk daerah itu paling tidak lima tahun ke depan. Banyak tumpuan dan harapan yang disampaikan masyarakat, baik itu masalah sosial, ekonomi dan penegakan hukum. Salah satu dari persoalan menurut Zulyadi menyangkut sengketa lahan antara masyarakat dengan pemilik HGU di Subulussalam yang belakangan ini makin meruncing.

Terpilihnya pasangan ini diharapkan dapat mewujudkan harapan baru masyarakat Subulussalam dalam memajukan pembangunan di antaranya dengan melakukan reformasi birokrasi, membenahi manajemen pengelolaan proyek-proyek daerah, pemberdayaan petani, peningkatan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur terutama sarana perhubungan jalan ke daerah terpencil. Untuk itu Zulyadin berharap orang nomor satu dan dua Subulussalam tersebut mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Menurut Zulyadin ada beberapa skala prioritas program kerjanya untuk pencapaian kesejahteraan masyarakat. Salah satunya di bidang perekonomian, seperti memperbaiki manajamen di masing-masing sektor yang menangani perekonomian dan menarik para investor. Hal lain yang juga patut diperhatikan adalah pengentasan kemiskinan dengan memperhatikan penuh pada sektor perkebunan dan pertanian. Tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi masyarakat.

Namun, dalam membangun Subulusalam kedepan tentunya tidak bisa hanya bertumpu pada Walikota dan Wakilnya. Tanpa mendapat dukungan dari masyarakat, apalah artinya mereka hanya berdua, tetapi jika semua elemen masyarakat memberikan dukungan dalam menata Subulussalam maka daerah ini akan maju sebagaimana diharapkan.

Sumber : (Serambi Online)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: