266 Lembar Surat Suara Di Subulussalam Rusak

20 03 2009

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam menyatakan, sebanyak 266 lembar surat suara untuk pemilu di Kota Subulussalam dalam kondisi rusak. Kerusakan surat suara itu diketahui saat dilakukan proses penyortiran dan pelipatan yang dilakukan baru-baru ini.

Ketua Pokja Logistik KIP Subulussalam, Nur Maria, Rabu (18/3) menyebutkan, kertas suara yang rusak tersebut didominasi surat suara untuk DPR RI sebanyak 249 lembar, kemudian DPRA sebanyak sembilan lembar, DPRK lima lembar, dan DPD tiga lembar. Menurut Maria, kerusakan surat suara itu berupa kotoran tinta atau garis-garis kecil.

Sementara itu, sejumlah masyarakat setempat mempertanyakan kebijakan KIP yang melibatkan para pelajar dalam proses pelipatan surat suara, mengingat anggaran untuk proses pelipatan surat suara tersedia.

Terkait hal ini, Ketua Pokja Logistik KIP Subulussalam, Nur Maria mengatakan, pelibatan pelajar dalam pelipatan surat suara di sana bertujuan untuk sosialiasi bagi pemilih pemula serta keterampilan pramuka. Ia membantah kalau pihaknya mempekerjakan pelajar atau anak di bawah umur. Menurut Nur, masing-masing sekolah diminta untuk mengirimkan sepuluh pelajar untuk membantu proses pelipatan surat suara di KIP.

Ketika ditanyakan kenapa tidak melibatkan masyarakat biasa sehingga tidak mengganggu proses belajar siswa, Nur menyatakan pihaknya kuatir akan memicu masalah. Pasalnya, bisa saja, masyarakat yang dilibatkan memiliki sanak keluarga yang menjadi calon legislatif sehingga dikuatirkan. Kendati tidak menampik tersedianya dana pelipatan surat suara, namun Nur mengaku pelibatan para pelajar untuk mengirit dana.

Sumber : (Serambi Online)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: