Parpol Di Aceh Singkil Dan Subulussalam Deklarasikan Kampanye Damai

20 03 2009

Singkil
Sebanyak 31 partai politik (Parpol) peserta pemilu 2009 di Kabupaten Aceh Singkil mendeklarasikan pelaksanaan kampanye damai

dalam satu acara deklarasi di lapangan Alun Alun Pulo Sarok Singkil, Senin (16/3).

Deklarasi ini ditandai dengan pembacaan pernyataan yang pada intinya akan melaksanakan kampanye Pemilu 2009 secara damai, dan apabila terjadi sengketa pemilu akan diselesaikan lewat pengadilan. Kemudian dilakukan penandatanganan deklarasi oleh 31 perwakilan parpol peserta Pemilu di Aceh Singkil.

Acara tersebut dihadiri sekitar 500 orang pimpinan parpol beserta simpatisannya dengan membawa kendaraan roda empat lengkap dengan pernak-pernik kampanye dan nama caleg masing-masing partai.

Acara dilanjutkan dengan pawai bersama diikuti ratusan kendaraan dari Alun-alun Pulo Sarok menuju perbatasan Aceh Singkil dan Kota Subulussalam di kawasan Kecamatan Suro.

Ketua KIP Aceh Singkil, Zakirun Pohan dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat agar menyatukan tekad untuk menyukseskan Pemilu 2009. Selalu menjaga perdamaian dan persaudaraan dalam pelaksanaan Pemilu.

Bupati Aceh Singkil sebelum melepas pawai kampanye damai pararpol itu menyatakan, perlunya kesiapan para caleg dan partainya untuk kalah dan menang dalam pertarungan memperebutkan kursi dewan pada pemilu 2009. Hanya 25 kursi dari 355 caleg yang mencalonkan diri, sehingga tiada dalan pemilu mendatang harus mengedepankan semangat persaudaraan, persatuan, dan rasa kebersamaan.

Kapolres Aceh Singkil, AKBP Iskandar F. Sutisna dan Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol CZI Dadang Rusmana dalam sambutannya pada intinya menekankan kenetralan mereka dalam pemilu April mendatang. Mengajak masyarakat dan parpol menjaga keamanan dalam kampanye dan pelaksanaan pemilu.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Drs H Khazali, Sekdakab H.Ridwan Hasan, SH, Wakil Ketua DPRK Aceh Singkil H. Safriadi Manik, SH, perwakilan Muspida, pejabat kabupaten dan pimpinan parpol.

Subulussalam

Sementara itu, sebelumnya parpol peserta Pemilu di Kota Subulussalam juga melakukan ikrar melaksanakan pemilu secara damai, di Gedung Unaya Kecamatan Simpang Kiri, Subulussalam, Sabtu (14/3).

Ikrar damai yang dilakukan ini diikuti dengan menanda tangani perjanjian melaksanakan pemilu damai oleh perwakilan parpol peserta pemilu di hadapan Muspida Subulussalam. Parpol juga mendeklarasikan kampanye damai.

Sementara KIP Kota Subulussalam melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilu 2009 bersama ratusan calon anggota legislatif (caleg) yang akan bersaing untuk memperoleh 20 kursi di DPRK setempat.

Acara itu dihadiri Walikota Subulussalam, Merah Sakti, SH, Wakil Walikota Affan Alfian Bintang, SE, Kapolres Aceh Singkil AKBP Iskandar Fitriana Sutisna, SH, Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol CZI Dadang Rusmana, Ketua MPU Subulussalam Kaharuddin Kombih, anggota KIP dan Panwaslu serta caleg dan undangan lainnya.

Ketua KIP Subulussalam, M. Husen Sara’an dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan sosialisasi pemilu 2009 masih terkendala dana. Namun dia optimis kendala dimaksud akan dapat diatasi dengan keluarnya PP Nomor 4, dengan harapan Pemko Subulussalam berkenan membantu kendala dana yang dihadapi KIP dalam melaksanakan sosialisasi pemilu.

Walikota dalam sambutannya mengharapkan agar semua kontestan peserta pemilu selalu dapat mengedepankan kepentingan bersama di atas kepentingan kelompok masing-masing, demi persatuan dan pembangunan secara keseluruhan.

Sumber : (Harian Analisa)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: