Gajah Mengamuk, Warga Luka parah

6 04 2009

Rosna, 34 tahun, pekerja perkebunan sawit milik PT Asdal, Kota Subulussalam, mengalami luka parah, akibat amukan gajah liar.

Gajah mengamuk siang tadi, saat korban sedang bekerja bersama rekannya Sutini, Minggu (5/4). Sutini mengaku, sudah mendengar suara gemuruh kawanan gajah. Namun mandor kebun, meminta seluruh pekerja tetap menjalankan tugas masing-masing.

Menurut Sutini, mandor mengira kawanan gajah masih jauh. “Tapi tiba-tiba saja kawanan gajah itu sudah dekat kami, kami berlari ketakutan,” ungkap Sutini. Rosna, tak mampu menyelamatkan diri.

Warga Desa Sigerun, Kecamatan Sultan Daulat, mengaku gajah-gajah liar sudah sering menyatroni pemukiman. Selain merusak rumah-rumah warga, gajah-gajah juga merusak perkebunan warga.

M.Naim Lembong, Kepala Desa Sigerun, memberlakukan ronda malam untuk mencegah kerusakkan lebih parah. Menurutnya, hampir setiap malam gajah merusak tanaman di kebun warga.

“Sekarang kami jaga malam, untuk melawan gajah-gajah itu,” jelas M.Naim Lembong, Kepala Desa Sigerun Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam.

Sebelumnya, pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Subulussalam, pernah menghalau kawanan gajah kembali kehutan. Caranya dengan mendatangkan empat ekor gajah terlatih.

Sumber : (Aceh Kita)

Foto : (Serambi Indonesia)


Actions

Information

One response

18 12 2009
andong maha

wah…….. gajah ya….. memang betul pa yang dibilang pak kepala kampong tadi…. masyarakat jadi resah dan enggan untuk menanam tanaman karena selalu diamuk oleh raja hutan itu. kami mohon kepada dinas yang terkait agar dapat membantu masyarakat dalam mencegah kawanan gajah itu, karena masyarakat sudah mengalami kerugian secara moril dan materil. ntar masyarakat sendiri yang mencegah di tangkap pula…… dengan alasan gajah adalah binatang yang dilindungi oleh pemerintah. sekarang pertanyaan nya amana yang kita utamakan MELINDUNGI gajah atau melindungi manusia ?????
a. Manusia
b. Gajah/binatang
tolong dijawab ya…./ tu pertanyaan saya sangat sederhana dan logis….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: