12 Parpol Bertengger Di DPRK Subulussalam

23 04 2009

Sebanyak 12 Partai Politik (Parpol) dari Partai Nasional (Parnas), tanpa satupun dari Partai Lokal (Parlok) dipastikan bertengger di singgasana DPRK Subulussalam untuk periode 2009-2014, lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya diisi sembilan Parpol. Data itu diperoleh Waspada berdasarkan Rekapitulasi KIP Subulussalam.

Dua Parpol peraih tiga kursi adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dari Dapil 1, 3 dan 4 dan Partai Golongan Karya (Golkar) dari Dapil 1, 2 dan 4. Sedangkan empat Parpol peraih dua kursi adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dari Dapil 1 dan 2, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dari Dapil 1 dan 3, Partai Amanat Nasional (PAN) dari Dapil 1 dan 4 dan Partai Kedaulatan (PK) dari Dapil 3 dan 4.

Sementara enam Parpol peraih satu kursi dari Dapil 1 adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Lalu, Partai Bintang Reformasi (PBR) dari Dapil 2, Partai Demokrat (PD) dari Dapil 4 dan Partai Kesatuan dan Persatuan Bangsa (PKPB) dari Dapil 3.

*********************

WAJAH BARU DOMINASI DEWAN (DPRK) SUBULUSSALAM

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam secara resmi telah merampungkan proses rekapitulasi hasil pemilu 2009 Minggu (19/04) lalu. Walaupun penetapan anggota dewan belum digelar namun dipastikan kursi parlemen di daerah itu didominsi wajah baru. Kondisi yang sama terlihat untuk lembaga legislatif di Kabupaten Aceh Singkil.

Mengacu pada hasil penghitungan dipastikan kursi DPRK Subulussalam akan didominasi wajah baru. Beberapa wajah lama tergusur dan yang tinggal hanya Ansari Idrus Sambo (PPP), Jamasa Cibro, Pianti Mala (PKPI), Siti Ansari Bancin, Teuku Maswarli (Golkar), Bachtiar (PDIP), Erlinawati (Demokrat), Syarifuddin Padang (PBR), dan Sugito (PAN).

Adapun nama-nama baru adalah Karlinus, Supriadi Boangmanalu (PBB), Mukmin, Mariani Harahap (Hanura), Netap Ginting (PKPI), Sutan Bagindo (PKPB), Marzuki, Darwisnyah (PK), Syarifuddin (PAN), Dedi (PKB), dan Fajri (Golkar). Di sisi lain, berdasarkan hasil rekapitulsi perolehan suara di KIP, Partai Bulan Bintang (PBB) mengalami peningkatan. Sebelumnya, partai ini hanya memiliki satu kursi namun di pemilu 2009 bertambah menjadi dua kursi. Sementara PKPI, Golkar, PAN, dan PBR hanya mampu bertahan pada posisi lama. Sebaliknya, penurunan kursi terjadi untuk PKB, PDI-P, Demokrat dan PPP. Ketiga partai ini memperoleh masing-masing tiga kursi tapi kali ini hanya mampu meraih satu kursi.

Sumber : (Waspada Online/Serambinews)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: