Laporkan KIP Subulussalam ke Polisi : Panwaslu Dinilai Salah Alamat

23 04 2009

Langkah Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu) Subulussalam yang melaporkan KIP setempat ke polisi karena tidak menindaklanjuti rekomendasi pemungutan suara ulang, menuai reaksi dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh. KIP Provinsi menilai, laporan paswaslu tersebut ‘salah alamat’ dan tidak tepat menurut aturan hukum. “Kami tegaskan gugatan pidana Panwas Subulussalam terhadap KIP Subussalam tidak tepat secara hukum. Bila laporan itu hanya berpijak pasal 180 ayat 5 dan pasal 182 ayat 3, maka sama sekali tidak mengena karena itu (pelanggaran-red) hanya kesalahan administratif,” kata Ketua Divisi Hukum KIP Aceh, Zainal Abidin dalam konferensi pers kepada wartawan di Media Center KIP Aceh, Selasa (21/4).

Dia jelaskan, pasal 180 ayat 5 mengatur tentang teknis penyerahan kotak suara, berita acara, pemungutan suara dan sertifikat hasil penghitungan suara kepada PPK. Sedangkan pasal 182 ayat 3 mengatur tentang teknis rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK. Zainal mengatakan, jika dalam pelaksanaannya ada unsur-unsur dari kedua pasal tersebut tidak terpenuhi, maka dapat dikualifiikasi sebagai pelanggaran admisnistratif. “Seharusnya Panwas menyampaikan persoalan tersebut kepada KIP, bukan kepada polisi,” katanya.

Dia sebutkan, jika argumen yang digunakan Panwas Subulussalam dalam melaporkan KIP ke polisi terkait dengan rekomendasi penghitungan ulang, maka hal tersebut juga harus dikaitkan dengan pasal 221 ayat 2 dan pasal 225 ayat 1 UU No.10 tahun 2008. Dalam pasal 221 ayat 2 antara lain disebutkan, penghitungan ulang di TPS memungkinkan apabila terjadi kerusuhan pada saat penghitungan, penghitungan suara dilakukan secara tertutup, dan kurang cahaya.

Sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2007, kata Zainal, rekomendasi Panwas tersebut tidak mutlak harus dilaksanakan KIP, tapi dipelajari dulu oleh KIP sebelum diputuskan dalam pleno untuk ditindaklanjuti atau tidak. “Jadi rekomendasi Panwas yang tidak dilaksanakan oleh KIP bukan sebagai tindak pidana pemilu bagi KIP,” ujarnya.

Sumber : (Serambinews)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: