Panwaslu Subulussalam Minta Kotak Dibuka Kembali

4 05 2009

Ketua Panwaslu Kota Subulussalam, Emir Hamdi mendesak pihak KIP untuk membuka kembali kotak suara yang diduga telah terjadi pelanggaran. Pembukaan kotak suara itu dimaksukan untuk membaca data yang ada di form C1 dan C2 guna penyebab kesalahan. Permintaan itu diungkap Emir Hamdi setelah hasil pemeriksaan yang dilakukan pihak Polres Aceh Singkil terkait laporan yang disampaikan panwaslu setempat Minggu lalu, tidak menemukan unsur pidana dalam pelanggaran yang dilaporkan tersebut. “Kalau memang kesalahan administrasi ya kita minta buka kotak suaranya lagi,” kata Emir kepada Serambi Kamis (23/4)

Terkait tanggapan ketua KIP yang menyatakan laporan panwaslu terlambat, Emir menyatakan bahwa hal itu terjadi karena mereka memiliki waktu tiga hari menerima pengaduan. Dikatakan, setelah menerima pengaduan, pihaknya terlebih dahulu harus melakukan kroscek baru kemudian menindaklanjuti. “Jadi tidak benar kalau panwaslu terlambat, namun pengaduan yang kita terima kan harus dikroscek dulu,” timpal Emir

Pada bagian lain, Emir Hamdi juga pihaknya akan mengecek kelengkapan administrasi para caleg terpilih, seperti keabsahan ijazah. Sebab, pelanggaran dengan membuat ijazah palsu merupakan pelanggaran pidana dan pelakunya dapat dibatalkan menjadi anggota dewan. Sementara itu, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Subulussalam menjadwalkan penetapan perolehan kursi dan calon anggota dewan terpilih pada tanggal 15-17 Mei mendatang. “Jadi sesuai jadwal, penetapan calon terpilih 15 Mei mendatang, selanjutnya kita akan diresmikian oleh gubernur atas nama presiden,” kata Ketua KIP Subulussalam M.Husein Saraan, kepada Serambi Rabu (22/4) terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara yang telah dilakukan pada Minggu (19/4) lalu. Menyangkut permasalahan pelanggaran pemilu, Husein mengatakan undang-undang telah mengatur sesuai hukum, caleg atau parpol yang keberatan bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Pihak KIP, kata Husein, akan siap menindaklanjuti apapun nantinya hasil keputusan dari MK. “Bila ada keberatan, silakan gugat ke MK, KIP dalam hal ini siap menjalankan apapun keputusan MK,” tegas Husein.

Sumber : (Serambi Indonesia)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: