Pengadaan Lokasi Tanah Masjid Agung Mandeg

15 06 2009

Rapat pengadaan tanah untuk lokasi pembangunan Masjid Agung Kota Subulussalam di Kantor Walikota Subulussalam mandeg. Pasalnya, harga yang ditawarkan pemilik tanah dinilai terlalu tinggi. Rapat yang dipimpin Walikota Subulussalam Merah Sakti dan Wakilnya Affan Alfian Bintang membahas besaran harga tanah seluas 13.438 meter persegi. Lahan ini terletak di pertigaan Jalan Teuku Umar-Raja Asal, Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri. Lokasi tanah dianggap sangat cocok untuk pembangunan Masjid Agung. Namun sayang pemilik mengajukan harga yang terlalu tinggi hingga pihak panitia tak berani menawar.

Harga yang ditawarkan pemilik mencapai Rp 2,1 milyar atau Rp 155.000 lebih per meter per seginya. Harga ini dinilai terlalu tinggi mengingat Nilai Objek Jual Pajak (NJOP) di lokasi tersebut hanya Rp 13.750 per meter per seginya. Selain harga yang terlalu tinggi, salah seorang pemilik tanah Raja Mekar Angkat yang pernah mengisyaratkan akan menghibahkan sebahagian tanahnya ternyata belum final.”Saya perlu musyawarah lagi dengan keluarga,” kata Raja Mekar saat ditanyai lahan yang akan dihibahkan

Terkait hal ini, Asisten I Bidang Pemerintahan, Taufik Hidayat menyarankan kepada Kabag Pemerintahan Sekdakot agar menurunkan tim penilai harga sehingga pemerintah dalam hal ini tidak menyalahi aturan yang berlaku. Rekomendasi tim penilai harga akan menjadi acuan pemerintah dalam memutuskan membeli atau tidak tanah terkait. Hal serupa juga disampaikan Asisten II Damhuri yang membidangi ekonomi dan pembangunan.

Sementara Kepala Inspektorat Kota Subulussalam Abdul Hamid mengatakan dalam pengadaan tanah perlu mempertimbangkan berbagai aspek. Pemilik tanah perlu melihat kepentingan lahan yang akan dibebaskan apakah untuk pemerintah, swasta (bisnis), pribadi atau umum termasuk sarana ibadah. “Jangan disamakan kepentingan umum dengan bisnis apalagi ini masalah rumah ibadah,” pesan Hamid.

Sumber :  (Serambinews)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: