“Kue Sepit” Sagu Aceh Hampir Punah

17 09 2009

Kue tradisional Sepit Sagu Aceh yang berasal dari kota Subulussalam hampir punah akibat kelangkaan bahan baku utama sehingga warga terpaksa menggunakan tepung ketan untuk membuat kue panggang tersebut.

“Kue ini sudah sangat sulit ditemui di daerah kami. Banyak warga yang membuatnya dari tepung ketan karena sulit mendapatkan tepung sagu,” kata pembuat kue Sepit Sagu asal kota Subulussalam, Rosnaima, di Banda Aceh, siang ini.
Kue berbentuk bulat berdiameter empat centimeter itu biasanya disajikan kepada tamu pada pesta perkawinan, kenduri rakyat dan peringatan hari-hari besar Islam seperti hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Kue kering khas kota Subulussalam yang terbuat dari tepung sagu, telur dan gula pasir itu mendapat perhatian dari pengunjung lomba pembuatan (peugot) kue tradisional pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) V yang berlangsung di Taman Sari Banda Aceh.

“Kami menyajikan kue kering ini karena sudah sangat langka. Banyak warga di luar kota Subulussalam yang tidak mengetahui keberadaan kue ini,” katanya.

Rosnaima mengatakan, kue kering itu sengaja ditampilkan pada lomba peugot kue tradisional untuk memperkenalkan kepada masyarakat Aceh, sehingga makanan ringan tersebut membudaya kembali dalam kehidupan, terutama di kota Subulussalam.

Ketua tim juri lomba peugot kue tradisional PKA V, Nuraini mengatakan, kue Sepit Sagu yang ditampilkan kontingen Subulussalam ini memang menarik dan sangat tradisional.

“Kue Sepit Sagu ini memang menarik. Rasanya juga enak dan banyak orang tidak mengetahui keberadaan kue tersebut,” katanya.

Menurut dia, selain menilai rasa juri pada lomba peugot kue tradisional itu juga melihat kreatifitas, rupa, tekstur dan gizi dari menu yang disajikan.

Sumber : Waspada Online


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: