Mahasiswa Harus Kedepankan Nasionalisme

17 09 2009

Masyarakat Kota Subulussalam khususnya para mahasiswa baik di daerah maupun di perantauan diminta lebih mengedepankan sikap nasionalisme dalam melaksanakan pembangunan di wilayah tersebut.

Walikota Subulussalam, Merah Sakti, tadi siang, mengatakan itu kepada mahasiswa asal Subulussalam di Medan.

Dari 75.000 penduduk Kota Subulussalam, lanjut Sakti, 30.000 di antaranya merupakan transmigran yang berasal dari berbagai daerah. Dengan demikian, Kota Subulussalam telah menjadi miniatur Indonesia dengan keanekaragaman penduduknya (Bhinneka Tunggal Ika).

Karenanya, dengan mengedepankan sikap nasionalisme, maka pembangunan dapat dilaksanakan secara merata tanpa membeda-bedakan suku, agama dan ras. “Para mahasiswa jangan lagi memperdebatkan masalah ideologi dan akidah. Silahkan mengkritisi pemerintah dengan kritik yang membangun,” ujar Sakti.

Pada kesempatan itu, Sakti memaparkan program kerjanya di bidang pendidikan dengan menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata 3,0. Beasiswa ini akan diberikan setelah mahasiswa memasuki semester V tahun ketiga.

Kemudian, Pemko Subulussalam akan membiayai 15 – 20 mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 pada tahun 2010. Bagi mahasiswa  S2 yang dibiayai pemerintah, maka wajib kembali ke daerah dan mengabdi di Subulussalam.

Pemko Subulussalam juga berupaya membangun asrama untuk mahasiswa yang sedang menjalani proses pendidikan di Banda Aceh dan Kota Medan. “Dengan demikian, para orangtua mahasiswa tidak perlu risau memikirkan tempat tinggal anaknya di perantauan,” ujar Sakti.

Sementara itu, Sumandi Wijaya selaku mitra kerja Pemko Subulussalam menyatakan kesiapannya untuk mendukung program pemerintah daerah setempat terutama di bidang pendidikan.

“Kami siap membantu masyarakat Subulussalam yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Medan. Kami akan menanggung biaya pendidikannya,” ujar Sumandi di dampingi Toni dan Hendy.

Mengenai teknis beasiswa tersebut, Sumandi mengatakan, pihaknya memberikan kesempatan kepada 5 – 10 calon mahasiswa. Teknis perekrutan calon mahasiswa tersebut akan diserahkan kepada Pemko Subulussalam.

Sumber : Waspada Online


Actions

Information

7 responses

28 09 2009
si anak kampung

ingat……
janji akan ditagih……

28 09 2009
si anak kampung

salah satu program yang mengundang apresiasi dan realisasi…
moga terwujud dengan baik..
amin….

3 10 2009
ALIMIN

AS?. MANA JANJINYA PAK WALKOT SAMPAI HARI INI BEASISWANYA BELUM CAIR PADAHAL DAH LAMA LHO….KOK JANJI TINGGAL JANJI, DOSA LHO….

13 11 2009
andongmaha Sp

assalamualikum….
Terima kasih saya ucapkan kpd pemerintah kota subulussalam yang mempunyai komitmen jelas terhadap pendidikan kota subulussalam. dan dalam menyahuti program beasiswa S2 tersebut. dan sekarang ini saya adalah salah satu mahasiswa Program Pascasarjana Jurusan Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Medan Area (UMA) medan Sumatera Utara. dan biar lebih kongkrit saya adalah orang yang hidup dibawah garis kemiskinan dan hanya semangat yang kuat membuat aku sampai pada semester satu S2. saat ini saya pingin Pemko Subulussalam dapat memperhatikan pendidikan saya dengan memberikan beasiswa 100% pada saya. dan setelah selesai kuliah saya siap mengabdi kedaerah sesuai dengan yang diharapkan…. sekali lagi terima kasih.

18 11 2009
m. syafriajl.b

asal saja tepat sasran beasiswa S2 nya kepada orang yang berkompetens saya pri badi yah sepkat2 aja ,,
jangan ketika kita dengar/liat nanti yang keluar di biyayai S2 itu 30 soudare terdekat orang yang berpengaruh di pemerintahan kota subulussala…
satu lagi yang saya khawatirkan SKPD kita di subulussala mendominasi pemain lama semua yang berasal dari singkil…
dan menurut catatan pengadilan di banda aceh hannya kab singkil yang sampai skarang ini yang urutan pertama kebal hukum/// dan gak pernah di sentuh hukum walau pun di sentuh tetap BEBAS juga…
percaya gak percaya bole di chek ke absahan nya karna aq bukan para mereka yang sering umbar janji dan penipu,,
terimakasih atas telah di beri kesempatan a untuk aq koen di sini..
wassalam……………………………………………… PIS

9 01 2010
andongmaha

Assalamualiakum….
dengan hormat saya mau nanya tentang beasiswa S2 tahun 2010, kpn bisa program itu berjalan, dan bagaimana dengan mahasiswa yag sudah lanjut kuliah S2, apakah bisa juga mendapatkan beasiswa terseut…..? terimakasih.

12 01 2010
marwan-longkib

Saya berharap, dalam perekrutan calon penerima Beasiswa Pemko Subulussalam nanti, haruslah tansparan dan proporsional sesuai dengan kriteria dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh Pemko, dan tidak boleh ada main mata antara calon penerima dengan pihak yang menangani beasiswa tersebut. apabila ada ditemukan oknum yang bermain, hendaknya diusut tuntas saja kepada pihak kepolisian sesuai dengan peraturan yang berlaku..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: