Pemko Subulussalam Gagal Raih Opini WTP

17 09 2009

Pemerintah Kota Subulussalam gagal meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK dalam audit pelaksanaan APBK 2008 senilai Rp 171 miliar. Kegagalan itu disebabkan karena belum tuntasnya penataan aset daerah itu, setelah pemekaran dari kabupaten induknya, Aceh Selatan, dua tahun lalu.

Kepala BPK Perwakilan Aceh, Abdul Rifai Sholeh pada acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) APBK 2008 Pemko Subulussalam kepada Walikota dan Ketua DPRK Subulussalam, Selasa (1/9) mengatakan, Pemko Subulussalam dalam audit APBK 2008 belum bisa meraih predikat opini WTP dari BPK, tapi hanya meraih wajar dengan pengecualian (WDP).

Pun demikian, kata Abdul Rifai, sebagai daerah yang baru mekar dan mandiri dua tahun lalu, prestasi opini WDP yang diraih Subulussalam bagi BPK itu sudah cukup bagus dan membanggakan. Dari sisi penyusunan laporan dan penggunaan keuangan, kata Rifai, Pemko Subulussalam, sudah tergolong relatif baik. Laporan keuangannya cukup transparan dan bisa dipertanggungjawabkan atau akuntabel.

Tapi, ungkap Kepala BPK Perwakilan Aceh itu, ada beberapa kegiatan yang dananya telah dikeluarkan, laporan pertanggungjawabannya belum lengkap. Misalnya untuk kegiatan bantuan hibah dan sosial senilai Rp 8,15 miliar, laporannya belum dibuat oleh penerima bantuan sosial dan hibah kepada walikota yang memberi bantuan. Selain itu, lanjut Rifai, ada pekerjaan di Dinas PU dan Setdako Subulussalam senilai Rp 4,3 miliar, belum seruhnya selesai dikerjakan. Untuk kedua masalah ini, BPK memberikan waktu 60 hari kepada Walikota Subussalam, Merah Sakti untuk menyelasaikannya.

Akan ditindaklanjuti
Walikota Subulussalam Meurah Sakti mengatakan, temuan berbagai pekerjaan fisik proyek APBA 2008 dan penyaluran bantuan hibah dan sosial kepada berbagai organisasi pemuda, masyarakat, dan instansi vertikal yang ditemukan BPK dalam mengaudit pelaksanaan APBK 2008 Subulussalam, akan ditindaklanjuti.

Begitu juga dengan keterlambatan pekerjaan proyek fisik 2008 pada Dinas PU dan Setdako senilai Rp 4,3 miliar, sebagian besar telah ditindaklanjuti dan kini telah selesai 100 persen. Sedangkan mengenai bantuan sosial dan hibah senilai Rp 8,15 miliar, yang laporan pertanggungjawabannya belum dilaporkan kepada walikota pada saat auditor BPK melakukan pemeriksaan tiga bulan lalu, sebagian laporannya saat ini telah masuk, sedangkan yang belum menyampaikan pertanggungjawaban, akan ditagih.

Sebagai daerah yang baru lahir, ungkap Sakti, daerahnya masih membutuhkan bantuan pembinaan dan bimbingan dari BPK, BPKP, Inspektorat Aceh dan lembaga pengawas lainnya. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) dan terbatasnya anggaran yang tersedia untuk peningkatan SDM PNS, terutama menambah akuntan dibagian keuangan dan bendahara, membuat target yang akan dicapai secara maksimal belum bisa diwujudkan.

Ungkapan hampir serupa juga diutarakan Ketua DPRK Subulussalam, Pianti Mala. Dalam sambutannya, Ketua DPRK Subulussalam itu menjelaskan, DPRK Subussalam akan menindaklanjuti temuan BPK Perwakilan Aceh sesuai dengan fungsi dan kewenangan yang dimiliki DPRK. Untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih serta berwibawa di mata masyarakat, pengawasan keuangan dan disiplin penggunaan anggaran perlu ditingkatkan lagi. Karena itu, dalam melaksanakan fungsi legislatif, hal ini akan dilakukan secara proporsional dan profesional, untuk mencapai tujuan bersama yaitu menciptakan pemerintahan yang bersih, baik dan damai yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Untuk menyikapi hasil temuan BPK, Kepala BPK Perwakilan Aceh mengatakan, Pemko dan DPRK Subulussalam, dapat membaca saran dan usul yang dibuat auditor BPK dalam buku I, II dan III. “Di dalam buku tersebut sudah dijelaskan, tindikan apa yang perlu diambil Pemko Subulussalam dalam menyelesaikan temuan auditor BPK,” ujar Rifai.

Sumber : Serambinews


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: