Kadis Perindag & UKM Ajak Masyarakat Tanam Singkong

5 10 2009

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan & UKM kota Subulussalam Drs Hermanto mengajak masyarakat petani untuk mengelola dan memanfaatkan lahan lahan tidur menanam singkong (ubi kayu).


Ajakan itu menyusul telah dibangunnya pabrik tepung Tapioka di daerah itu tepatnya di desa Suka Makmur kecamatan Simpang Kiri. “Pembangunannya sudah dimulai sekarang. Insya Allah 2010 sudah bisa operasi.

Jadi masyarakat dari saat ini sudah bisa mengusahakan tanaman ubi,” ajak Hermanto, di kantornya Kamis (1/10) pekan lalu, seraya mengatakan dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengadakan sosialisasi penanaman bahan baku pabrik tersebut.
Lebih lanjukt disebukan Hermanto, untuk bahan baku awal, kini pihaknya telah mengelola seluas 8 hektar lahan tanaman singkong, dan menurutnya tanaman yang dikelola Disperindag itu harus dibarengi dengan tanaman ubi dari masyarakat, demi kelangsungan operasional pabrik yang maksimal.
Menurutnya bagaimanapun juga dengan berdirinya pabrik itu tentu akan meningkatkan dan manambah motivasi kerja masyarakat petani, yang tentu pula akan menambah  pendapatan warga.
Lagi pula, kata dia lagi, cara penanaman singkong tidak seberat tanaman lainnya seperti kelapa sawit. “Tidak seperti kelapa sawit yang memerlukan modal besar dan perawatan yang lebih sulit. Kalu tanaman singkong mudah, praktis dan cepat berhasil.
Namun demikian, kita tidak menghalangi¬† petani untuk menanam¬† sawit, karena komoditi itu tampaknya sudah menjadi andalan masyarakat kita disini,” jelasnya.
Ditambahkannya untuk harga singkong, pihaknya akan berupaya membuat harga yang bersaing. “Pokoknya masyarakat jangan khawatir, kita upayakan harganya bersaing dan tidak sampai merugikan masyarakat petani,” imbuh Hermanto.

Sumber : Harian Global


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: