Masyarakat Aceh Tak Boleh Jauh Dari Al-Qur’an

5 10 2009

Masyarakat Aceh tidak boleh jauh dari Alquran. Karena itu, Ikatan Persaudaraan Qari-qariah dan hafizh-hafizhah (IPQAH) Tanah Rencong ke depan harus bekerja ektra keras untuk kembali mendekatkan masyarakat dengan kalam Ilahi tersebut. Hal itu dikemukakan Wagub Aceh, Muhammad Nazar ketika membuka Musyawarah Wilayah IPQAH Aceh, Jumat (2/10) malam di Banda Aceh. Menurutnya, tantangan ke depan akan semakin kompleks. Untuk menjawab tantangan tersebut, IPQAH harus menciptakan satu spirit bagi masyarakat sehingga pengajian-pengajian di desa bisa hidup dan berkembang kembali.

Menyangkut keluhan dana pembinaan yang dirasakan selama ini sangat minim yang hanya ada sekitar Rp 100 juta, menurut Wagub hal itu bukan halangan. “Kalau dananya memang tidak cukup, tolong diprogramkan secukupnya. Sebab, pada prinsipnya, Pemerintah Aceh siap untuk membantu mengembangkan syiar Qurani. Sebab, kalau ada yang tidak mau membantu akan berdosa,” katanya.

Menurut Wagub, jika programnya jelas, tidak mungkin Pemerintah Aceh, Bappeda dan DPRA tidak merespons keinginan untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman Alquran bagi masyarakatnya. Di samping berupaya untuk mensosialisasikan cinta baca Quran di kalangan masyarakat, Wagub Muhammad Nazar juga meminta IPQAH untuk bersama dengan Pemerintah Aceh memikirkan hadirnya satu Institut Ulumul Quran di Serambi Makkah ini. “Kita berharap ke depan di Aceh bisa hadir sebuah Institut Ulumul Quran,” katanya.

Sebelumnya Ketua IPQAH Aceh, Dr Ir Agus Sabti Abbas MSc mengatakan, dana yang kecil telah menyebabkan organisasi yang dipimpinnya tidak bisa bergerak leluasa dalam mengembangkan syiar Qurani di kalangan masyarakat. Ke depan, katanya, IPQAH berharap bisa mendapat kucuran dana dari Pemerintah Aceh hingga Rp 1,3 miliar. Dana ini penting untuk pengembangan organisasi dan pelatihan kader yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Sumber : Serambinews


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: