IAIN Ar-Raniry sebar 400 mahasiswa ke perbatasan

13 10 2009

BANDA ACEH – Sedikitnya 400-an mahasiswa IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dari berbagai jurusan disebar kelima daerah yang berbatasan dengan Provinsi Sumatra Utara. Program itu bagian dari Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM).

“Acara sampai 12 Oktober ini ditutup wakil gubernur, Muhammad Nazar,” ujar kepala bagian humas IAIN Ar-Raniry, Ahmad Syauqi, malam ini.

Dia menyebutkan, syarat mahasiswa bisa mengikuti KPM harus lulus seleksi. “Bagi yang sudah lulus seleksi untuk gelombang pertama akan mengikuti pembekalan selama tiga hari ini,” katanya.

“Mereka mengikuti pembekalan dalam rangka memberikan penyuluhan keagamaan di beberapa kabupaten/kota di Aceh.”

Ahmad Syauqi menyebutkan, rencananya, mereka akan ditempatkan di lima kabupaten atau kota di Aceh, antara lain Aceh Singkil 120 mahasiswa, Subulussalam (60), Aceh Tenggara (120), Aceh Tengah (50) dan Aceh Tamiang (50 orang).

Kata dia, untuk gelombang pertama yang berjumlah 400 orang itu terdiri 186 laki-laki dan 214 perempuan. Daerah ini dipilih karena dianggap membutuhkan berbagai pencerahan, khususnya pemantapan keagamaan, sebab dekat dengan provinsi tetangga.

Kata dia, dalam pembekalan itu, para mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu dibekali berbagai materi pendalamaan keagamaan dan tata kehidupan dalam bermasyarakat. “Program ini bagian dari mendukung program pemerintah Aceh yang sebelumnya banyak menempatkan dai di perbatasan,” sebut Syauqi.

Rektor IAIN Ar-Raniry, Farid Wajdi, mengharapkan kepada mahasiswa, saat mengikuti pengabdian nantinya, mereka dapat menjalin kerja sama yang baik dengan masyarakat di lokasi penempatan masing-masing.

Sumber : Waspada Online


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: