Jalan Lintas Sumatera Diperbaiki dengan Tambal Sulam

15 12 2009

Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di perbaiki Dinas Jalan dan Jembatan Provinsi Sumatera Utara dengan cara tambal sulam akibat kondisi jalan negara tersebut sangat memprihatinkan jika dilewati kendaraan roda dua, empat atau lebih sehingga jalan ini sering kali membuat terjadinya Laka Lantas, tepatnya di Kecamatan Sidikalang, Sitinjo, dan Sumbul.


Dari hasil pantauan wartawan di sejumlah jalan yang menghubungkan arah Medan dan ke Subulussalam, Aceh Selatan memang di Kecamatan Sidikalang, Sitinjo, Sumbul, dan Kecamatan Silahi Sabungan termasuk jalan paling parah untuk dilalui sebab jalan tersebut sudah berlubang besar akibat kurangnya.
M Ginting, salah seorang pekerja menuturkan, pemeliharaan terhadap Jalinsum memang sudah tanggung jawab dari Dinas Jalan dan Jembatan untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan Jalinsum. “Untuk itu kita selalu proaktif terhadap Jalan Lintas Sumatera yang kita anggap sudah layak diperbaiki melihat kondisinya yang sudah rusak parah,” ujarnya.
Dikatakannya, Jalinsum di Kabupaten Dairi ini sudah sewajarnya diperbaiki karena sudah terlihat semakin parah dari banyaknnya lubang-lubang besar yang timbul di Badan Jalinsum ini.
Jalan yang melintasi Dairi ini termasuk daerah lintasan menuju berbagai Provinsi kearah Medan, Banda Aceh Selatan, Barus, Humbang Hasundutan, Samosir, Pematang Siantar, dan sebaliknya sehingga yang melintasi jalan ini bukan hanya angkot atau AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi), melainkan banyaknya kendaraan truk sampai Kontainer yang melewati jalan ini, sehingga terjadi kerusakan. “Maka dari situ, pihak provinsi terus melakukan perbaikan di setiap lokasi yang sudah dianggap perlu mendapat perawatan seperti tambal sulam,” ujarnya.
Sementara itu, sejumlah pengemudi jurusan Sidikalang-Sumbul, merasa bersyukur dengan diperbaikinya Jalinsum di Kabupaten Dairi karena selama ini mereka  tidak bisa mengejar waktu disebabkan buruknya jalan.
Dengan diperbaikinya Jalinsum, perjalanan mereka dari Sidikalang menuju Sumbul akan berjalan lancar. Namun, di kawasan Kecamatan Sumbul, Silahi Sabungan, dan Sitinjo Jalinsum hanya diperbaiki secara  tambal sulam.

Sumber : Harian Global


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: