Depag Siap Bangun Kandepag Subulussalam

23 01 2010

Departemen Agama (Depag) segera membangun Kantor Departemen Agama di Kota Subulussalam. Dengan demikian diharapkan mulai 2010 ini pendaftaran calon jamaah haji Subulussalam sudah bisa dilakukan di kota tersebut.  Walikota Subulussalam, Merah Sakti SH menyampaikan hal itu kepada Serambi seusai bertemu Sesjen Depag Bahrul Hayat, Rabu (20/1) di Jakarta. Dikatakan, selama ini calon jamaah haji Subulussalam mendaftar dan diberangkatkan dari beberapa kabupaten di Sumatera Utara.

“Insya Allah mulai tahun 2010, pendaftaran calon haji sudah bisa dilakukan di Subulussalam,” sebut Merah Sakti. Jumlah jamaah haji Subulussalam tahun 2009 sebanyak 70 orang dengan jumlah penduduk 75 ribu jiwa. Sesjen Depag Bahrul Hayat menyatakan, pihaknya sama sekali tidak keberatan membangun Kandepag Subulussalam asalkan tanah tempat kantor tersebut sudah disediakan Pemerintah Kota. “Disarankan kantor tersebut dibangun berdekatan dengan masjid dan kantor pemerintah lainnya,” ujar Bahrul Hayat.

Marah Sakti mengatakan sejak Subulussalam diresmikan sebagai kota pada 2007, sama sekali belum memiliki Kantor Departemen Agama. “Mudah-mudahan dengan adanya dukungan ini dapat segera diwujudkan,” sebut Marah Sakti yang menjabat sebagai Walikota Subulussalam sejak sembilan bulan silam.

Dalam pertemuan yang berlangsung  sekitar satu jam itu, Marah Saktu juga melaporkan mengenai rencana pembangunan Masjid Besar Subulussalam  yang menelan dana Rp 22 miliar dan Pesantren Perbatasan dengan dana Rp 60 miliar secara multi years. “Khusus masjid Pemerintah Kota sudah menyediakan anggaran Rp 7 miliar. Kami masih membutuhkan tamnbahan dana, yang mungkin bisa dicarikan jalan keluarnya dengan mengkomunikasikannya kepada donatur dari negara-negara Timur Tengah,” harap Merah Sakti.

Menyangkut pesantren perbatasan, Merah Sakti mengatakan proyek tersebut merupakan harapan masyarakat dan pemerintah Subulussalam sebagai bagian dari penguatan penegakkan Syariat Islam. “Pesantren itu sedang dibangun. Tapi tentu saja juga membutuhkan tambahan biaya,” lanjut Merah Sakti. Sekjen Depag Bahrul Hayat menaruh antusiasme terhadap pembangunan masjid dan pembangunan pesantren tersebut. Ia berjanji akan membantu mengupayakan adanya donatur bagi pembangunan kedua fasilitas pengembangan keagamaan tersebut.

Sumber : Serambinews


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: