Komitmen ‘Aceh Green’ Dipertanyakan

7 03 2010

Komitmen  pemerintah daerah dan masyarakat untuk menjaga dan mengharamkan perambahan di sekitar ruang jalan tembus yang sedang/akan dikerjakan oleh Dinas  Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi  Aceh patut dipertanyakan.

“Komitmen ini hanya akal akalan untuk mengelabui para pemangku pihak untuk mengizinkan pembukaan jalan illegal tersebut. Meski secara aturan pembukaan jalan itu illegal, tetap dipaksakan,” tegas tokoh muda Aceh, Sendy Majafara, di Banda Aceh,  malam ini.

Berdasarkan pantauan, katanya, di seluruh ruas jalan yang dibangun penuh dengan perambahan dan ilegal loging. Ruas jalan itu antara lain, Babarot (Abdya) – Terangon (Gayo Lues), Pondok baru – Samarkilang (Bener Meriah), Trumon – Bulkoh Seuma (Aceh Selatan),  Pinding – Lesten (Gayo Lues) – Lokop (Aceh Timur),Muara Situlen (Aceh  Tenggara)- Gelombang (Subulussalam) dan Jantho- Lamno (Aceh Besar).

Menurutnya, perambahan itu sangat kasat mata tapi tidak ada tindakan apapun dari para penjamin atau pembuat komitmen. “Inilah yang kita pertanyakan program Aceh Green (Aceh hijau) yang dicanangkan  Gubernur Aveh, Irwandi Yusuf,” katanya.

Dimana, pembukaan jalan adalah  modal penting para penebang kayu, perburuan dan kegiatan illegal logging lain akan sangat mudah masuk dan merusak sumber daya hutan yang ada.

Anehnya, sambung Sendy, pemerintah tidak mau belajar dari kejadian sebelumnya. Dicontohkan, ruas jalan Blangkejeren-Kutacane yang dulunya hanya terdapat dua enclave (pemukiman yang tidak bisa dikembangkan) yaitu, Gumpang dan Marpunge dan sisanya hutan yang masih baik, tetapi sekarang hampir sepanjang jalan tersebut penuh dengan pemukiman masyarakat dan perkebunan.

“Perambahan hutan juga marak di ruas jalan  Jeram – Beutong Ateuh – Tekengon dan Pameu dan tidak ada satu pihakpun yang bisa menjamin kelestarian hutan bila jalan dibuka,” katanya.

Sumber : Waspada Online


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: