Wali Kota Subulussalam Beri ‘Sinyal’ Mutasi

17 08 2010

ali Kota Subulussalam, Merah Sakti SH, telah memberi ‘sinyal’ untuk memutasi para pejabat yang berkinerja buruk dalam waktu dekat ini. Kepastian itu disampaikan Merah Sakti SH menjawab Serambi Kamis (12/8) terkait dengan buruknya kinerja sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemko itu selama ini.

Menurut Sakti, pihaknya tetap komit dengan janji yang pernah diutarakan pada saat melantik pejabat eselon II Oktober tahun lalu. Ketika itu, Sakti memberi deadline kepada pejabat selama enam bulan dan jika tidak berhasil dipersilakan mundur. “Memang benar, saya beri waktu bekerja selama enam bulan dan sekarang sudah lebih, jadi saya akan tepati janji itu dalam waktu dekat ini,” tegas Sakti seraya mengatakan mutasi digelar usai lebaran mendatang.

Sakti mengatakan, akan segera menggulirkan mutasi terhadap para pejabatnya yang tidak cakap alias berkinerja bobrok. Dalam hal ini, dia menampik tidak ada unsur kepentingan apapun terhadap para pejabat kecuali demi pembangunan Kota Subulussalam yang lebih baik dan kepentingan masyarakatnya. Sakti juga menegaskan, tidak pernah meminta apapun kepada para pejabat yang diangkat. Karena itu, dia berjanji bagi para pejabat yang tidak mampu menunjukkan prestasi kerja untuk siap-siap meninggalkan posisinya.

Seperti pernah diberitakan, dalam mutasi jilid dua yang melibatkan 30 pejabat eselon II dan III bulan Oktober tahun lalu, Wali Kota Merah Sakti mengingatkan para pejabat harus mampu memberikan pelayanan prima, cepat bertindak, teliti dalam bekerja dan ketangguhan dalam setiap pelaksanaan tugas. Dalam hal ini, Sakti memberi deadline kepada pejabat selama enam bulan dan jika tidak berhasil dipersilakan mundur. “Kalau ada pejabat yang tidak mampu mengikuti gaya pelayanan seperti ini, sebaiknya mengusulkan untuk mengundurkan diri sebagai pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Subulussalam. Saya akan menggantikannya dengan pejabat lain yang lebih mampu”, tegas Sakti.

Terkait dengan itu, Ketua Komisi A yang membidangi pemerintahan, keamanan dan hukum, Bakhtiar Husein mengaku sangat kecewa dengan kinerja sejumlah pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemko Subulussalam. Politisi PDI-P ini menilai masih banyak kepala dinas yang berkinerja buruk. Salah satu bukti, menurut Bakhtiar berlarut-larutnya pembahasan RAPBK tahun 2009 beberapa bulan lalu. Selain itu, serapan anggaran di masing-masing SKPD hingga saat ini masih sangat rendah dengan perkiraan dibawah 40 persen.”Jadi, wali kota harus segera mengevaluasi kinerja kepala dinasnya, bagi yang bobrok harus segera mengganti agar roda pemerintahan lebih baik,” tegas Bakhtiar.

Desakan evaluasi terhadap kinerja para kepala dinas dan pejabat lainnya di lingkungan Pemko Subulussalam juga disampaikan sejumlah komponen masyarakat. Seperti yang dikemukakan Safri Tinambunan, aktivis LSM Landskap, Kota subulussalam kepada Serambi beberapa hari lalu. Menurut Safri, sudah hampir sebelas bulan para pejabat terkait mengendalikan dinasnya masing-masing namun sejumlah kadis atau kepala badan dinilai belum dapat menunjukan prestasi kerjanya. Berbagai hal yang menjadi pertimbangan mulai dari “kue-kue” pembangunan yang tidak dapat dibawa dari provinsi apalagi dari pusat ke Kota Subulussalam. Dikatakan, ada sebahagian kepala dinas hanya mampu menggali dana dari APBK Subulussalam saja.

Sumber : Serambinews


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: