Bensin Langka, Harga Eceran Melambung

25 06 2011

Para penjual bensin eceran di Kota Subulussalam, Aceh, memanfaatkan kelangkaan bensin di sejumlah SPBU di daerah itu, dengan menaikan harga. Bahkan jarga jual bensin di tingkat eceran melebihi harga pertamax. Kelangkaan BBM tersebut turut memicu menjamurnya pengecer bensin.
Pantauan Serambinews.com, Rabu (22/6/2011), terlihat ratusan kendaraan berbagai jenis mengantri panjang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di simpang terminal terpadu Subulussalam. Sementara di SPBU Simpang Singkil, Penanggalan, tidak melayani konsumen lantaran kehabisan stok BBM.
Pemandangan antrean panjang kendaraan menjadi pemandangan sehari-hari dalam dua pekan terakhir di Kota Subulussalam. Bahkan, antrean untuk mendapatkan premium ini di SPBU juga diikuti oleh pedagang bensin eceran dengan membawa jereken.
Sulitnya mendapatkan stok premium dari SPBU, menjadi alasan para pedagang untuk menaikkan harga melambung tinggi. Di beberapa tempat, harga per liternya dipatok mulai Rp 7.000, Rp 8.000 bahkan hingga Rp 10.000 per liter atau melebihi harga pertamax. Namun lantaran langka, sejumlah pengendara motor terpaksa membeli BBM dengan pedagang eceran dengan harga jauh di atas harga di SPBU.
Para pedagang eceran yang dikonfirmasi mengaku menaikan harga karena kelangkaan yang terjadi sehingga mereka kesulitan mendapatkan bensin. Untuk mendapatkan bensin di SPBU pengecer mengaku harus pandai “melobi” dan membayar uang pelican yang disebut uang isi dengan nilai antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per jereken. Hal senada juga diakui pengecer lainnya yang berjualan di pinggir jalan Teuku Umar, Penanggalan.
Bahkan ibu yang enggan menyebutkan namanya itu mengaku harus mengantre malam dini hari di SPBU yang ada di Subulussalam. Bahkan tak sedikit pedagang yang mengaku harus membeli bensin dari luar Kota Subulussalam seperti Sukaramai, Kabupaten Pakpak Bharat dan Sedikalang, Dairi, Sumatera Utara.”Kami juga belinya mahal, ini juga bensin kami beli dari Sidikalang,” kata seorang pengecer bensin.

 

Sumber : Serambinews.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: