Pemko Subulussalam Diminta Tertibkan Pengemis

25 06 2011

Pemerintah Kota (Pemko) Subulussalam melalui instansi terkait diminta menertibkan pengemis yang belakangan ini mulai marak. “Perlu ada tindakan dini sebelum menjadi persoalan serius, karena jika ini dibiarkan maka jumlahnya akan terus meningkat dan akan sulit menertibkan,” kata Sapri Tinambunan SSos, pemerhati sosial masyarakat kepada Serambi, Selasa (14/6) kemarin.

Sapri mengatakan, saat ini keberadaan pengemis dapat dengan mudah ditemukan seperti di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hingga yang berkeliling dari rumah ke rumah dan tak sedikit pula yang mengatasnamakan yayasan lainnya.

Selain itu, tak sedikit pula anak-anak usia sekolah dasar yang menjadi peminta-minta dari rumah ke rumah. Meski ada dari warga setempat, namun banyak pula para pengemis yang berkeliaran di Kota Subulussalam berasal dari luar daerah. Karena itu, Pemerintah Kota Subulussalam melalui instansi terkait seperti Dinas Sosial menertibkan para pengemis tersebut. Bagi pengemis yang berasal dari luar dikembalikan ke daerah asalnya.

Sementara bagi pengemis yang merupakan warga Kota Subulussalam, Dinas Sosial diminta memberikan pembinaan bagi mereka dengan membekali keterampilan supaya mandiri dan tidak lagi jadi peminta-minta. Dalam hal ini, Sapri juga mengingatkan peran Baitul Mal (BM) untuk membina warga terkait seperti memberikan modal usaha sehingga tidak lagi menjadi pengemis.

“Jadi, kalau memang warga setempat harus dibina agar tidak lagi menjadi peminta-minta, namun yang datang dari luar kembalikan saja ke tempat asalnya,” ujar Sapri.

Kecuali pengemis, Dinas Sosial Kota Subulussalam juga diminta mendata jumlah warga yang mengalami gangguan jiwa alias gila. Dinsos Kota Subulussalam diminta turun tangan menertibkan orang gila dan mengirimkan ke rumah sakit untuk menjalani terapi.

“Karena setahu saya sekarang ada program untuk penanganan orang gila di rumah sakit di Banda Aceh, kenapa orang gila yang berkeliaran di Subulussalam tidak ada penertiban,” tandas Sapri.

 

Sumber : Serambinews.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: