Dewan Sepakat Hapus Sewa Mobil Dinas Pejabat

3 11 2011

Badan anggaran (Banggar) DPR Kota Subulussalam sepakat akan menghapur pengadaan sewa mobil dinas bagi para pejabat di daerah ini pada anggaran tahun 2012 mendatang lantaran dinilai boros dan tidak dapat menjadi aset daerah.

“Kami di Banggar sudah sepakat untuk ke depan meniadakan sewa mobil dinas karena lebih baik dibeli langsung bisa menjadi asst daerah,” kata Ansari Idrus Sambo, salah seorang anggota Banggar DPRK Subulussalam kepada Serambi, Kamis (27/10) di sela-sela rapat.

Ansari mengaku pihaknya telah mengkaji dan melihat dalam beberapa tahun terakhir di mana pengadaan sewa mobil dinas bagi pejabat kurang bermanfaat. Apalagi dalam beberapa kasus ketika sang pejabat diganti dana sewa mobil dinas yang sudah ditarik keseluruhan tidak dikembalikan atau mobil jabatan yang disewa dengan uang negara tidak diberikan kepada pejabat baru.

Guna menunjang pekerjaan, anggota dewan lebih sepakat untuk membeli mobil dinas bagi pejabat yang sangat membutuhkan. Pengadaan mobil dinas menurut Ansari akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan kemampuan uang daerah.

Ansari juga mengaku sangat tidak setuju dengan tindakan sejumlah pejabat yang menggunakan kendaraan dinas mobil dan roda dua sekaligus. Karenanya, Ansari yang juga ketua Komisi D bidang kesejahteraan rakyat mengimbau para pejabat yang merasa menguasai dua kendaraan dinas untuk diberikan kepada yang berhak.

Senada dengan itu disampaikan Bakhtiar Husein, ketua Komisi A DPRK Subulussalam. Menurut Bakhtiar hampir rata-rata kepala Dinas, Badan, Kantor bahkan para Kabag yang mendapat mobil dinas atau sewa mobil jabatan namun memakai kendaraan dinas roda dua juga.

Padahal, jika kendaraan tersebut diberikan kepada staf yang membutuhkan maka dapat menunjang kinerja. Bakhtiar bahkan menyatakan adakalanya kendaraan roda dua dinas tidakdipakai untuk keperluan kantor melainkan terparkir atau digunakan oleh pihak lain.

Berdasarkan catatan Serambi, dari 29 Dinas, Badan, Kantor dan Kabag, baru sekitar tujuh instansi yang memiliki mobil dinas jabatan sedangkan sisanya masih menyewa. Rata-rata dinas menyewa dua mobil masing-masing untuk kepala dan sekretaris.

Jika mengacu pada sewa mobil jabatan di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan serta Dinas Peternakan dan Perikanan nilai anggaran untuk sewa dua unit mobil mencapai Rp 108.000.000 yakni Rp 60 juta sewa mobil kadis dan Rp 48 juta sekretaris. Sementara menurut informasi mobil yang disewa merupakan milik pribadi para pejabat terkait sehingga jika ditotal maka ada miliaran rupiah dana APBK Subulussalam habis untuk sewa mobil pejabat setiap tahun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi B DPRK Subulussalam, Netap Ginting mensinyalir ada Kepala Dinas (Kadis) di daerah itu yang menggunakan kendaraan dinas rangkap, mobil dan sepeda motor sekaligus. Sementara masih banyak Kepala Bidang (Kabid) yang belum kebagian sepmor. Padahal pengadaan sepmor dinas itu dimaksudkan untuk digunakan oleh para Kabag.

 

Sumber : Serambinews Online


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: