Peringatan HUT RI (Part II)

22 10 2008

KARNAVAL

Karnaval

Karnaval

Pada part yang pertama tentang peringatan HUT RI ke-63, penulis menyajikan gambar dan tulisan saat detik-detik pengibaran bendera Merah Putih. Nah, untuk part II ini penulis menyajikan tulisan dan gambar bendera mengenai rangkaian kegiatan yang dilakukan masyarakat Kota Subulussalam dalam rangka peringatan 17 agustus edisi yang ke 63 ini.

Acara Karnaval ini diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2008 (sehari sebelum 17 Agustus). Karnaval pada pelaksanaan ini diikuti hampir seluruh Sekolah-sekolah yang ada di Kota Subulussalam. Dimulai dari tingkat TK (Taman Kanak-Kanak) hingga tingkat SMU (Sekolah Menengah Umum). Namun, yang paling dominan ikut serta dalam kegiatan ini adalah sekolah-sekolah yang berada di Kecamatan Simpang Kiri dan Kecamatan Penanggalan (disebabkan kedua kecamatan tersebut berada di jantung Kota Subulussalam). Bahkan, instansi-instansi pemerintah ikut meramaikan Karnaval ini.

Karnaval Kota Subulussalam ini, sangat meriah dan menarik disebabkan kegiatan ini memikat minat masyarakat Kota Subulussalam untuk meramaikan dan ikut serta dalam acara kegiatan ini. Penulis sangat terkesan dengan hal tersebut disebabkan banyak orang tua-orang tua murid dari setiap sekolah (yang anaknya terpilih ikut serta dalam acara Karnaval) berusaha untuk mendapatkan pakaian daerah yang akan dikenakan anaknya. Karnaval ini dimulai dari Lapangan Beringin (alun-alun Kota) menuju Kantor Walikota (melintasi Jl. Teuku Umar/kawasan pertokoan Subulussalam) dan kembali lagi ke Lapangan beringin. Acara ini menyedot perhatian masyarakat Kota Subulussalam. Bahkan, hampir menyebabkan kemacetan apabila pihak kepolisian dan Dishub tidak cepat tanggap pada saat itu.

PAWAI API OBOR

Pawai api obor ini dilaksanakan pada malam harinya setelah Karnaval (16 Agustus 2008). Acara ini tidak kalah meriahnya dengan karnaval dikarenakan seluruh jajaran instansi yang ada di Kota Subulussalam ikut serta dan bahkan siswa sekolah juga turut andil dalam pawai ini. Acara api obor ini puncaknya diakhiri di Alun-alun Kota Subulussalam yang dihadiri langsung oleh Pj Walikota Subulussalam Drs. H. Martin Desky, MM.

PANJAT PINANG

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa setiap kegiatan pada peringatan HUT RI, pastilah dapat dipastikan hadir sebuah permainan rakyat seperti Panjat Pinang dalam rangkaian acara. Bagaimana ya apabila di sebuah tempat/daerah di indonesia ini tidak menyelenggarakan acara panjat pinang pada peringatan HUT RI?. Humm, mungkin ibarat teh tanpa gula kali ya. hehe:-)

Setelah melihat dan mengkaji seluruh dokumentasi panjat pinang peringatan HUT RI Kota Subulussalam ini, Penulis beranggapan hasil foto inilah yang terbaik secara keseluruhan. Foto ini diabadikan pada acara yang diselenggarakan oleh Koramil Subulussalam di markas Koramil itu sendiri. Dalam gambar terlihat kepala seorang anak tersenyum girang di puncak Pinang tersebut setelah dengan susah payah dan memerlukan kerja ekstra keras untuk dapat menggapainya. Walaupun begitu, penulis memberikan kredit point tersendiri terhadap teman-temannya yang telah membantu dirinya sehingga sampai ke puncak dan mendapatkan hadiah yang telah disediakan sebelumnya. Kegirangan yang diraih anak tersebut dapat mewakili meskipun tidak secara keseluruhan senyum masyarakat terhadap rangkaian kegiatan pada peringatan HUT RI edisi yang ke-63 ini.


KEMBALI KEATAS


Actions

Information

One response

5 08 2009
anak kampung

ya…… yaaa… yaaa……..
proklamasi merupakan hari kebanggaan dan “special day” bagi indonesia.
para pejuang meneteskan keringat dan darah untuk memberikan angin kebebasan kepada setiap saudaranya di indonesia,……
tapi…………
apakah telah sesuai keadaan sekarang dengan keinginan para pejuang kemerdekaan ??????
mereka mengharapkan kemakmuran, ya kemakmuran yang mereka inginkan. yang mereka dambakan, dimana setiap orang merasakan kebahagiaan tinggal di negara Indonesia….
mereka tak ingin lagi ada tindasan, tapi………
apa yang dirasakan sekarang….
bukan “eks” tapi “in”…..

moga Indonesia menjadi lebih baik…….
moga Subulussalam lebih maju…..
aminnnnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: